Felucia Sengky Ratna: “ Jadilah Wanita Yang Mampu Memancarkan Energi Positif Dimanapun Berada”

 

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Felucia Sengky Ratna (Foto:Humas Imigrasi Jakarta Selatan)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com - Hari Perempuan Internasional (IWD) diperingati pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Hari “istimewa” bagi perempuan ini diperingati setiap tahun untuk menghormati perjuangan perempuan mencapai kesetaraan gender dan hak-hak perempuan. Dirayakan selama lebih dari 100 tahun, lahirnya Hari Perempuan Internasional menandai tonggak sejarah bagi gerakan sosial yang mempromosikan kesetaraan gender di seluruh dunia.

Felucia Sengky Ratna adalah salah satu perempuan yang berkarier dan kerap meraih prestasi di instansi Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM. Dari rentetan perjalanan kariernya, Felucia Sengky Ratna telah menciptakan ide inovasi kreatif yang didedikasikan untuk sektor pelayanan publik kepada masyarakat. Diawali saat diberi amanah sebagai Kepala Bidang Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat, ia membuka gerai layanan pembuatan paspor pertama di mal di kawasan Jakarta Barat.

Hal tersebut mendapatkan apresiasi yang luar biasa karena mengubah stigma pelayanan keimigrasian (paspor) tidak hanya dilakukan di Kantor Imigrasi, namun juga dapat dilakukan mal sehingga masyarakat dapat juga sekaligus belanja atau hangout dengan keluarga.

Tak Hanya itu, Sejumlah inovasi telah digagasnya hingga memimpin Imigrasi Jakarta Selatan. Prestasi terbaru yang dia raih adalah Imigrasi Jakarta Selatan meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian PAN-RB. Felucia terus menunjukkan komitmennya untuk selalu memberikan inovasi terbaik.

Sementara itu, Prestasi lainnya selama Ia memimpin Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, pada tahun 2023 Layanan Car Free Day Immigration Service (CFDIS) 1.000 Paspor menjadi sejarah pertama pelayanan permohonan paspor tertinggi dan hanya dilayani oleh 1 (satu) Kantor Imigrasi dalam satu hari, kegiatan tersebut sekaligus memecahkan rekor MURI sebagai "Layanan Paspor Terbanyak di Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor".

Kemudian, dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-74 Tahun 2024 Kantor Imigrasi Jakarta Selatan kembali dipercaya oleh Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memberikan layanan serupa sejumlah permohonan sebanyak 1.074 paspor. Hal ini sejalan dengan penghargaan yang diraihnya pada tahun 2023 yaitu mendapatkan penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan kategori "Mendapatkan Predikat Unit Kerja Pelayanan Publik berbasis Hak Asasi Manusia dalam rangkaian peringatan Hari HAM Sedunia ke75 Tahun 2023" dan pada tahun 2024 mendapatkan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly sebagai "Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori A Kualitas Tertinggi".

Dalam perjalanan karier, Felucia selalu berusaha menjaga keseimbangan perannya sebagai ibu dan wanita karier. Dia berharap perempuan ke depannya dapat mengambil peran secara maksimal. "Harapan saya di hari Perempuan Internasional bahwa isu kesetaraan gender bukanlah penghalang untuk perempuan terus berkiprah dan mengambil perannya secara maksimal. Teruslah menjadi inspirasi yang memancarkan energi positif dimanapun berada tanpa menanggalkan jati diri seorang perempuan yang bermartabat”, tutup Felucia Sengky Ratna. (ZIK/TIM)

 


Posting Komentar

0 Komentar