TNI/AU Tidak Berhak Periksa Isi Pesawat AS

Pesawat militer Amerika Serikat mendarat darurat di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar.
Pesawat militer Amerika Serikat mendarat darurat di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar.
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Kasus mendaratnya pesawat militer Amerika Serikat dengan kondisi darurat di Aceh, mengundang tanya apa saja isi dalam pesawat yang dibawa. Seperti diketahui, pendaratan darurat itu terpaksa dilakukan akibat mesin nomor 4 terbakar. Karena pesawat itu milik militer, wajar saja ada keingin-tahuan membawa barang apa dalam pesawat yang berangkat dari Diego Garcia itu.
"Isi di dalam pesawat, kita tidak ada kewewenangan," kata Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Kolonel Pnb Suliono saat ditemui wartawan, Sabtu (25/3/2017) kemarin.
Menurut penjelasan pihak TNI Angkatan Udara, pihaknya tidak punya hak untuk mengecek isi di dalam pesawat. Karena pesawat tersebut mendarat di Aceh dalam keadaan darurat akibat salah satu mesinnya terbakar. "Otoritas Lanud tidak ada hak untuk periksa isi pesawat," jelas Suliono.
Pihak TNI-AU hanya sebatas mengawal dan mengecek kondisi kerusakan. Namun, menurutnya mereka tetap mengawasi kegiatan para kru dan tidak memperbolehkan ada barang yang dibawa keluar atau masuk dari dan ke dalam pesawat bersangkutan.
Pihak TNI-AU selalu mengawasi pesawat yang parkir di lokasi tersebut. Barang yang keluar- masuk ke dalam pesawat tidak diizinkan. “Jadi prosesnya begini, teman-teman kru yang menginap di hotel kita terapkan standar, seperti masuk bandara melalui X-Ray dan segala macam," ungkap Suliono. "Tidak boleh ada barang terlarang masuk bandara atau dibawa ke luar dari bandara," tambah Suliono.
Pesawat jenis Boeing 707 yang mengangkut 20 personel militer AS mendarat darurat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh pada hari Jumat (24/3) yang lalu. Belakangan diketahui pesawat mengalami kerusakan pada salah satu mesinnya saat terbang dari Diego Garcia di Samudera Hindia menuju Bandara Haneda di Jepang. Menurut pihak kru, kerusakan terjadi pada mesin nomor 4 yang terbakar. (Od/H-dt)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,2,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,83,Film,16,Headline,70,Hiburan,37,Hukum,54,Internasional,1,Karimun,1,Megapolitan,116,Musik,11,Nasional,224,Nusantara,19,Opini,7,Padang Pariaman,5,Pangkalpinang,1,Pariwisata,2,Pendidikan,38,Pidie,1,Politik,7,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,5,Televisi,4,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,68,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,43,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,4,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,13,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,66,Trans Jakarta,48,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,90,Trans Jawa,199,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,47,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,74,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,5,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,1,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,7,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,6,Trans Sumsel,14,Trans Sumut,7,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangsel,51,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: TNI/AU Tidak Berhak Periksa Isi Pesawat AS
TNI/AU Tidak Berhak Periksa Isi Pesawat AS
Kasus mendaratnya pesawat militer Amerika Serikat dengan kondisi darurat di Aceh, mengundang tanya apa saja isi dalam pesawat yang dibawa. Seperti diketahui, pendaratan darurat itu terpaksa dilakukan akibat mesin nomor 4 terbakar. Karena pesawat itu milik militer, wajar saja ada keingin-tahuan membawa barang apa dalam pesawat yang berangkat dari Diego Garcia itu.
https://4.bp.blogspot.com/-_QkSHc4wtyE/WNecEjNcOSI/AAAAAAAAD2U/cD2ST9cWVi0V5GixnjC5Ox_r8vWvTHQnACLcB/s1600/Pesawat-militer-Amerika-Serikat-mendarat-darurat-di-Bandara-Sultan-Iskandar-Muda-Aceh-Besar..jpg
https://4.bp.blogspot.com/-_QkSHc4wtyE/WNecEjNcOSI/AAAAAAAAD2U/cD2ST9cWVi0V5GixnjC5Ox_r8vWvTHQnACLcB/s72-c/Pesawat-militer-Amerika-Serikat-mendarat-darurat-di-Bandara-Sultan-Iskandar-Muda-Aceh-Besar..jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/03/tni-au-tidak-berhak-periksa-isi-pesawat-as.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/03/tni-au-tidak-berhak-periksa-isi-pesawat-as.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin