Menteri ATR/Kepala BPN Lantik 123 Pejabat Struktural

Pelantikan 123 Pejabat Struktural di lingkungan Kementerian ATR.
Pelantikan 123 Pejabat Struktural di lingkungan Kementerian ATR.
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil melantik 123 Pejabat Struktural di lingkungan Kementerian ATR/BPN, Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat di Aula Prona Gedung Kementerian ATR/BPN, Senin (20/03/2017).
Dalam sambutannya Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan bahwa harapan pemerintah dan masyarakat terhadap kinerja Kementerian ATR/BPN ke depan sangatlah besar. Salah satu program besar adalah tahun ini ditargetkan 5 juta bidang tanah harus dapat disertipikatkan terutama melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis dan Lengkap (PTSL).  “Dua juta bidang sudah mendapatkan alokasi dana dari APBN 2017, sedangkan sisanya  3 juta bidang sedang kita perjuangkan,” jelas Sofyan.
Lebih lanjut, Sofyan berharap agar Kementerian ini dapat  mensertipikatkan lahan masyarakat lebih banyak dari pada target 5 juta bidang. Menurutnya skema-skema ini menuntut inovasi, kreativitas, dan kerja sama horizontal dan vertikal antar Kepala Kantor Wilayah, para Kepala Kantor Pertanahan dan pimpinan satuan kerja dan semua insan ATR/BPN sehingga dapat diimplementasikan dengan baik di tempat masing-masing.
Terkait sengketa tanah Sofyan menjelaskan bahwa sekarang ini tidak kurang dari 70% sengketa di pengadilan adalah sengketa yang terkait dengan masalah pertanahan. “Kualitas layanan sejak dari  pengukuran, pendaftaran bidang tanah, pengumpulan data yuridis, analisis, hingga penerbitan sertifipikat, dan pemberian hak-hak atas tanah  baik HGU, HGB, Hak Milik, harus benar-benar ditingkatkan, sehingga sengketa tanah dapat  dikurangi secara nyata,” harap Sofyan.
Sofyan mengatakan bahwa pungutan liar merupakan masalah yang harus diperangi oleh Kementerian ATR/BPN. Ia merasa sedih dan kecewa jika mendengar insan ATR/BPN tertangkap atau terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT)  Saber Pungli. “Oleh karena itu, pimpinan masing-masing satuan kerja harus selalu mengingatkan dan memastikan tidak ada pungli dalam setiap proses layanan di BPN dari awal hingga ujung akhir. Saya akan memperjuangkan tersedianya anggaran yang mencukupi untuk secara bertahap memenuhi kelengkapan dan fasilitas yang memang diperlukan dalam penyelesaian pekerjaan,” tegas Sofyan.
Pada akhir sambutannya Sofyan meyakinkan kepada para pejabat yang baru saja dilantik agar tidak takut dalam melakukan terobosan untuk kebaikan masyarakat. “Jika Saudara jadi korban kriminalisasi tanpa Saudara melakukan kesalahan, saya akan bela Saudara sekuat tenaga dan wewenang yang melekat pada Menteri ATR/Kepala BPN,” tutup Sofyan. (SN/Rel)

Posting Komentar

0 Komentar