Berantas Mafia Tanah, Kementerian ATR/BPN Bekerjasama Dengan Polri

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil dan Kapolri Tito M. Karnavian.
Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil dan Kapolri Tito M. Karnavian.
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) bekerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam memberantas mafia tanah melalui Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Gedung Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta, Jum’at (17/3/2017).
MoU tersebut ditandatangani oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Tito M. Karnavian serta dihadiri oleh jajaran dari dua lembaga tersebut.
Selain memberantas mafia pertanahan, MoU tersebut juga bertujuan menangani kasus agraria/pertanahan dan tata ruang untuk menangani kasus agraria/pertanahan dan tata ruang, penanganan tindak pidana bidang agraria/pertanahan dan tata ruang, pencegahan dan pemberantasan masalah pungutan liar serta  percepatan sertifikasi tanah aset Polri.
Dalam sambutannya, Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa konflik pertanahan sangat banyak dan 70 % dari konflik tersebut adalah sengketa tanah. “Konflik diakibatkan karena perbuatan yang melanggar hukum. Dimensi penyebabnya juga banyak dan salah satunya adalah mafia tanah,” kata Sofyan.
Sofyan mengatakan bahwa untuk mengatasi konflik pertanahan tersebut, jajaran Kementerian ATR/BPN siap melakukan perubahan. “BPN harus profesional serta melayani dengan hati. Istilahnya Senang Memudahkan. Jangan lakukan pungutan liar (Pungli) karena Presiden menginginkan kegiatan pelayanan kepada masyarakat agar lebih baik lagi,” ungkap Sofyan.
Lebih lanjut, Sofyan sangat mengapresiasi telah ditandatanganinya MoU antara Kementerian ATR/BPN dengan Polri. Ia mengatakan agar jajaran Kementerian ATR/BPN dapat bekerjasama dengan Polri dalam mensertipikatkan tanah-tanah milik Polri. “Saya berharap sebelum masa berlaku MoU ini berakhir, aset tanah milik Polri semuanya sudah bersertipikat,” kata Sofyan.
Pada kesempatan yang sama, Kapolri, Tito M. Karnavian mengungkapkan bahwa mafia tanah merupakan hal yang menyebabkan banyaknya laporan atas kasus pertanahan di kepolisian. “Mafia tanah ini banyak melakukan bermacam-macam modus pertanahan yang mengakibatkan sertipikat overlapping, sertipikat palsu, alas hak palsu sehingga banyak laporan kepada kami,” ujar Tito.
“Jika masalahnya memang murni masalah pertanahan tentunya bisa ditangani dengan cermat serta cepat. Tapi jika masalahnya disebabkan oleh mafia tanah ini tentu perlu koordinasi lintas instansi. Untuk itu, Saya meminta seluruh jajaran Kepolisian baik ditingkat Pusat, Daerah, maupun Resort agar bekerjasama dengan Kantor Pertanahan membentuk tim terpadu untuk mengungkap mafia tanah,” imbuh Tito.
Tito juga menambahkan sampai saat ini belum ada mafia tanah yang berhasil diungkap. “Saya akan berikan apresiasi serta penghargaan bagi petugas yang sanggup mengungkap mafia tanah,” katanya.

Usai menandatangani MoU, Menteri ATR/Kepala BPN dan Kapolri berkesempatan untuk melakukan teleconference dengan jajaran Kantor Wilayah BPN serta Kepolisian Daerah (Polda). (SN/Rel)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,88,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,78,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,280,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,3,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,6,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,66,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,18,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Berantas Mafia Tanah, Kementerian ATR/BPN Bekerjasama Dengan Polri
Berantas Mafia Tanah, Kementerian ATR/BPN Bekerjasama Dengan Polri
Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) bekerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam memberantas mafia tanah melalui Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Gedung Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta, Jum’at (17/3/2017).
https://4.bp.blogspot.com/-2fJu7qsLM4A/WNCO5o56C-I/AAAAAAAADvg/2uEYjX6tJRofk7kUxBXNFnKtwNVIP6WTACLcB/s1600/Menteri-ATR-Sofyan-A.-Djalil-dan-Kapolri-Tito-M.-Karnavian..jpg
https://4.bp.blogspot.com/-2fJu7qsLM4A/WNCO5o56C-I/AAAAAAAADvg/2uEYjX6tJRofk7kUxBXNFnKtwNVIP6WTACLcB/s72-c/Menteri-ATR-Sofyan-A.-Djalil-dan-Kapolri-Tito-M.-Karnavian..jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/03/berantas-mafia-tanah-kementerian-atr-bpn-bekerjasama-dengan-polri.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/03/berantas-mafia-tanah-kementerian-atr-bpn-bekerjasama-dengan-polri.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin