Jelang Ramadhan Harga Bawang dan Cabe Naik di Pasar Baru Bekasi

Jelang bulan puasa dan lebaran harga cabe dan bawang naik (Foto:dok)

BEKASI, KORANTRANSAKSI.Com - Menjelang Bulan Ramadan, harga komoditi di Pasar Baru di Jalan Ir H Juanda, Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, naik, terutama bawang dan cabai. harga bawang merah dan bawang putih dijual Rp 35.000 per kilogram, biasanya dibanderol dengan harga Rp 20.000 per kilogram. Untuk cabai rawit merah keriting dijual rata-rata Rp 30.000 per kilogram, yang sebelumnya Rp 25.000 per kilogram.

Silaban (54) Pedagang mengatakan bahwa jelang bulan puasa harga bawang dan cabe naik dari seminggu yang lalu.

"Kenaikan harganya sudah terjadi sejak seminggu yang lalu," ujarnya.

Silaban mengatakan bahwa kenaikan harga bawang dan cabe tersebut tidak terlalu tinggi jika dibandingkan beberapa lalu atau saat Ramadhan tahun lalu.

"Ini naiknya masih sedikit sekitar Rp 5.000 sampai Rp 15.000. Kalau dulu bisa sampai lima kali lipat, sekarang naik sedikit. Menteri dan pemerintah langsung turun jadi kenaikan tidak terlalu parah," ujar Silaban yang sudah berjualan selama 30 tahun itu.

Mengenai pasokan, ia berkata bahwa cukup banyak yang juga mempengaruhi harga harga tidak melonjak tinggi. Sekitar satu minggu lalu, harga kenaikan tertinggi sempat terjadi pada harga cabai rawit merah yang menyentuh Rp 70.000 per kilogram.

Sementara pasokan sayuran seperti Kol,kentang,timun,dan tomat harganya hanya mengalami sedikit kenaikkan.

Kol dijual Rp 8.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 6.000 per kilogram. Timun dijual Rp 7.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 4.000, dan kentang Rp 10.000 dari sebelumnya Rp 8.000.

“Kalau sayuran saja sih masih wajar ya tapi kalo sudah bawang sama cabe itu yang bikin pusing, “ kata Suparsih (50), pedagang sayuran.

Suparsih mengatakan, kenaikkan harga bawang dan cabe saat ini tidak terlalu berpengaruh ke penjual.

“Alhamdulilah masih banyak yang beli. Perkiraan saya biasanya naik hanya mau jelang puasa atau mau lebaran aja sih tapi gak terlalu tinggi kayak tahun kemaren,” katanya.(TIM)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel