DPRD Belitung Dukung Percepatan Pembangunan Wisata Geopark

Salah satu wisata Geopark yang ada di Bangka Belitung.
Tanjungpandan, Trans - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung mendukung upaya percepatan pembangunan kepariwisataan yang direncanakan Pemerintah Daerah (Pemda). Salah satunya rencana percepatan pembangunan kawasan wisata Geopark.
“Semoga apa yang direncanakan pemda bisa berjalan dengan komprehensif serta integratif. Termasuk didalamnya bagaimana cara melakukan inovasi terhadap strategi kepariwisataan,” kata Wakil Ketua II DPPD Belitung, Isyak Meirobie, beberapa waktu lalu.
Menurut politisi Nasdem itu, dengan diperbanyak destinasi wisata baru, bisa menambah pilihan setiap wisatawan yang berkunjung. Apalagi, cukup banyak kawasan wisata tersembunyi yang belum tersentuh, baik oleh pemda maupun masyarakat setempat. “Kenapa kawasan geopark merupakan salah satu fokus yang harus direalisasikan. Agar wisatawan yang berkunjung di Belitung akan merasa terus rindu dan ingin berkunjung kembali setelah mereka pulang ke kampung halamannya (daerah asal, red),” ujarnya.
Menurut Isyak, banyaknya objek-objek wisata ciptaan Tuhan yang diberikan untuk Kabupaten Belitung patut disyukuri. Salah satunya di kawasan wisata geopark eks vulkanik bawah laut Siantu. Seandainya bisa dimanfaatkan dengan baik, pasti Pemerintah Pusat akan perhatian terhadap kepariwisataan di Belitung untuk naik ke kelas baik nasional maupun internasional.
“Secara ilmiah, tempat itu pasti akan dicari banyak orang, terutama dijadikan sebagai pusat penelitian, inilah yang harus dikejar bersama. Selain itu, disana juga terdapat peninggalan bersejarah yang bisa diangkat. Saya kira hal semacam itu sangat menarik untuk dilestarikan kembali,” ungkapnya.
Menurutnya sudah ada di beberapa negara yang telah membuktikan bagaimana pengaruh kawasan geopark terhadap kunjungan wisatawan. Bila dihitung dengan angka jumlah wisatawan yang berkunjung tidak bisa dihitung secara manual. “Hal semacam ini, jika dimanfaatkan dengan baik akan seperti tambang berlian yang depositnya abadi. Apabila kita sanggup menjalaninya dengan berkomitmen untuk menjaga serta melestarikan alam, tentu akan indah pada waktunya,” tuturnya.
Untuk itu Wakil Ketua II DPPD Belitung itu berpesan pada Pemda untuk selalu konsisten menjaga alam dengan baik. Sebab hal semacam itu aset utama kepariwisataan yang bisa dijadikan akses perekonomian daerah. “Masyarakat harus sadar dengan mendukung semangat pemerintah, karena dimasa depan ekonomi Belitung sangat bergantung terhadap kesinambungan alam,” pesan Isyak. (Rita)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola