Pariwisata Belitung Dapat Apresiasi Dunia

Salah satu pariwisata yang ada di Bangka Belitung.
Tanjungpandan, Trans - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung dan stakeholder pariwisata Belitung sudah mendapat apresiasi di tingkat internasional. Buktinya, Pemkab Belitung kini menerima sertifikat membership (keanggotaan) World Tourism Cities Federation) WTCF). Di dalam sertifikat itu tertulis Kota Tanjung Pandan menjadi wakil Kabupaten Belitung sebagai daerah tujuan wisata dunia di Indonesia.
Demikian disampaikan Bupati Belitung Sahani Saleh kepada Trans, beberapa waktu lalu, di Ruang Bupati Belitung. “Ini salah satu bukti, kalau Pemkab Belitung betul-betul serius ingin memajukan pariwisata. Saya kira tidak gampang mendapatkan sertifikat itu, membutuhkan waktu yang lama dan melalui proses yang panjang pula,” kata pria yang akrab disapa Sanem ini didampingi Asisten I Setda Belitung, Jasagung Haryadi.
Menurut Sanem, sertifikat membership WTCF akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya mempromosikan pariwisata. Selain itu, kata Sanem, bukan tidak mungkin, bisa menjadi daya tarik investor untuk menanamkan modalnya ke Belitung. “Pariwisata kita sekarang kan sebetulnya sudah dikenal di beberapa negara yang ada di dunia, bahkan di Eropa. Tetapi, kita masih tetap berusaha untuk mendatangkan wisatawan manca negara (wisman) lebih banyak lagi,” jelasnya.
Dijelaskannya, banyak proses yang harus dilalui. Salah satu persyaratannya yaitu komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) untuk membangun kota pariwisata. “Sudah dari tahun 2014 lalu kita menyerahkan berbagai dokumen administrasi, dan alhamdulillah semua itu bisa dilalui dengan baik dengan proses waktu yang cukup lama,” ujar Sanem.
Sementara itu, Nicolau Lumanauw, penggiat Environment Tourism Social Development Center (ETSDC) mengatakan pencapaian ini tak lepas dari peran dan kerja keras Pemkab Belitung untuk menjadikan Belitung sebagai kota wisata. Menurutnya, tidak semua daerah bisa mendapatkan Sertifikat Membership WTCF. “Proses yang dilalui bukan suatu proses yang gampang, kalau mudah sudah banyak daerah-daerah lain yang mendapatkan sertifikat itu,” kata Nicolau.
Ditambahkan pria yang akrab disapa Nico itu, tanpa adanya dukungan serta keseriusan Pemkab Belitung, Sertifikat Membership WTCF mustahil bisa didapat. Mengingat begitu ketatnya persyaratan-persyaratan yang diberikan. “Saya yakin setelah mendapatkan sertifikat itu, kedepan akan banyak insvestor yang masuk, asalkan pemdanya fokus dan konsisten untuk membangun pariwisata,” pungkasnya. (Rita)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,88,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,78,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,280,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,3,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,6,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,66,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,18,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Pariwisata Belitung Dapat Apresiasi Dunia
Pariwisata Belitung Dapat Apresiasi Dunia
https://2.bp.blogspot.com/-e86Fjn2k7pE/WBrV23fWLPI/AAAAAAAABy8/gWJ4xN-bmb4Zz_wFIcWKTfOXZiMrWXoQgCLcB/s640/Pariwisata-Bangka-Belitung..jpg
https://2.bp.blogspot.com/-e86Fjn2k7pE/WBrV23fWLPI/AAAAAAAABy8/gWJ4xN-bmb4Zz_wFIcWKTfOXZiMrWXoQgCLcB/s72-c/Pariwisata-Bangka-Belitung..jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/10/pariwisata-belitung-dapat-apresiasi.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/10/pariwisata-belitung-dapat-apresiasi.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin