Cerita Petugas Medis Saat Pertaruhkan Nyawa Saat Lawan Corona

Seorang Petugas Medis Terlihat Tertidur Sambil Memantau Perkembangan Pasien Yang Terinfeksi Virus Corona ( Foto:dok)

Jakarta, KORANTRANSAKSI.Com – Seorang Perawat di Rs Cipto Mangunkusumo, Jakarta tercatat sebagai tenaga medis yang meninggal dunia akibat terinveksi Virus Corona atau Covid – 19.
Ninuk meninggal dunia pada 12 Maret 2020 setelah mengalami demam hingga 39 derajat Celcius karena kelelahan, diare, dan sesak nafas.

"Yang pasti yang sudah diumumkan oleh pemerintah baru satu orang perawat yang sudah meninggal," ucap Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia Harif Fadhillah. Harif saat itu, 17 Maret 2020.

Ninuk sempat menjalani perawatan selama tiga hari di rumah sakit tempatnya bekerja. Karena kondisi memburuk, dia kemudian dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Namun, belum sampai 24 jam di RSPI Sulianti Saroso, ia pun meninggal dunia.

Tepat sebulan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kasus pertama Corona Covid-19 pada 2 Maret 2020 lalu, setidaknya ada 13 dokter yang meninggal dunia selama berperang melawan Corona.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengungkapkan, para dokter tersebut meninggal dunia karena terpapar Corona ada pula yang karena kelelahan.

Dokter terakhir yang diumumkan meninggal dunia hingga saat ini adalah Jeanne Winaktu. Dia meninggal dunia pada Kamis, 2 April 2020 pukul 06.00 WIB. Kabar duka ini diumumkan oleh IDI di akun media sosialnya.

Saat meninggal dunia, dokter Jeanne berstatus pasien dalam pengawasan Corona. Dalam hal ini, dokter Jeanne masih belum diketahui, apakah positif Corona atau tidak. Almarhum mengembuskan napas terakhir saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintoharjo, Jakarta Pusat.

Sehari sebelumnya, IDI juga telah mengumumkan dua putra putri terbaiknya meninggal dunia. Kedua dokter tersebut adalah dr. Efrizal Syamsudin. Almarhum adalah dokter sekaligus Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih, Sumatera Selatan. Almarhum meninggal dunia di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Senin 23 Maret 2020. Saat itu, belum diketahui penyebab meninggalnya dokter Efrizal.

Sementara satu pejuang medis lainnya yang dikabarkan meninggal adalah dr. Ratih Purwarini, Direktur Rumah Sakit Duta Indah, Jakarta Utara.

Wakil Ketua IDI, Adib Khumaidi, mengaku pihaknya saat ini masih menelusuri penyebab meninggalnya dua dokter yang juga direktur rumah sakit tersebut.

"Kami juga mau telusuri karena mereka berdua kan direktur sebenarnya," kata Adib.

Meski demikian, kata Adib, kedua dokter tersebut termasuk dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19.

"Cuma memang hasil swab-nya konfirmasi positif Covid-19 atau enggaknya belum ada kabar ya," kata Adib.

Sementara tiga dokter meninggal dunia dan dipastikan positif Corona adalah dr Adi Mirsa Putra asal Bekasi, dr Djoko Judodjoko asal Bogor, dan dr Hadio dari Bintaro.

Kabar meninggalnya dokter Djoko yang merupakan ahli bedah juga sempat diunggah dokter Pandu Priono melalui akun Twitternya. Dalam cuitannya ia menyebut bahwa dokter Djoko diduga terpapar Covid-19 saat menangani pasien yang terinfeksi virus serupa karena minimnya alat medis di tempatnya bekerja.

Kemudian, dokter lainnya yang meningga dunia saat berperang melawan virus corona adalah dr. Haido Ali, SpS (IDI cab. Jakarta Selatan), dr. Laurentius P, SpKJ (IDI cab. Jakarta Timur), dr. Andi Misaputra Sp. THT (IDI cab. Kota Bekasi), dr. Ucok Martin SpP (IDI cab Kota Bekasi) dan dr. Tono Silitonga (IDI cab. Bandung Barat). Sementara di Jakarta saja, tercatat ada 84 tenaga medis yang positif terinfeksi virus Corona.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia menyatakan dari 84 orang yang dinyatakan positif Covid-19, dua di antaranya tengah hamil.

"Tenaga kesehatan yang positif terinfeksi Covid-19 sampai 84 orang, 1 orang di antaranya meninggal dan dua orang dalam kondisi hamil," kata Dwi di Balai Kota Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Jumlah tersebut, lanjut dia, tersebar di 30 rumah sakit dan satu klinik di Jakarta. Seorang dokter asal Yogyakarta mencurahkan isi hatinya atas perjuangannya melawan pandemi Corona.

Lewat unggahan di akun Instagram-nya, @cindriwhy, baru-baru ini, perempuan diketahui bernama Cindri Wahyuni tersebut menceritakan bagaimana ia yang notabene merupakan ibu tunggal dari dua putri harus 'pasang badan' melawan pandemi.

"Sebagai dokter di garda terdepan, setiap hari menerima ODP dan PDP dari wabah COVID-19. Sedih rasanya jika aku nanti sakit tertular virus yang jahat ini," tulis Cindri mengawali keterangan foto memperlihatkan dirinya pakai Alat Pelindung Diri (ADP).

Rantai tak kunjung putus ini dikatakan Cindri sebagai hasil banyaknya orang tak bertanggung jawab yang masih berkeliaran di luar rumah tanpa kepentingan.

"Anak-anakku bagaimana? Siapa yang akan mengurus mereka jika aku tertular? Di mana hari nurani kalian?" sambungnya.

Ia mengatakan, kegiatan perkantoran maupun sekolah yang diliburkan di Jakarta tak membuat warganya berdiam di rumah. "Malah berbondong-bondong mudik ke kampung halaman," sambung tenaga medis yang menangani pasien positif corona Covid-19 tersebut. ( TIM)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,26,Headline,118,Hibura,1,Hiburan,65,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,297,NCW,1,Nusantara,19,Opini,34,Padang Pariaman,10,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,72,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,4,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,14,Trans Sumsel,20,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,119,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Cerita Petugas Medis Saat Pertaruhkan Nyawa Saat Lawan Corona
Cerita Petugas Medis Saat Pertaruhkan Nyawa Saat Lawan Corona
https://1.bp.blogspot.com/-WHi3V9-udvM/XofoyIEiX2I/AAAAAAAAMH0/FeUxUSXcSC8qSAGBPQtU_hwVUMjR2kb2ACNcBGAsYHQ/s640/008549700_1581928404-20200217-Medis-Virus-Corona-4.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WHi3V9-udvM/XofoyIEiX2I/AAAAAAAAMH0/FeUxUSXcSC8qSAGBPQtU_hwVUMjR2kb2ACNcBGAsYHQ/s72-c/008549700_1581928404-20200217-Medis-Virus-Corona-4.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2020/04/cerita-petugas-medis-saat-pertaruhkan.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2020/04/cerita-petugas-medis-saat-pertaruhkan.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin