Walikota Surabaya Tri Rismaharini : Putri Terbaik Bangsa Indonesia Terima Penghargaan Dari PBB Di Nairobi


Jakarta, KORANTRANSAKSI.Com – Baru-baru ini  Walikota Surabaya, Tri Rismaharini menerima penghargaan dari salah satu badan PBB, UN – Habitat pada hari Senin, 1 Oktober 2018 yang lalu (red). Penghargaan tersebut diberikan dalam acara World Habitat Day di Markas PBB di Nairobi, Kenya, yang dihadiri oleh sekitar 500 undangan yang terdiri dari perwakilan negara-negara anggota UN-Habitat, NGO, dan pejabat-pejabat teras Kenya.

Upacara penyerahan penghargaan dibuka dengan mengheningkan cipta bagi korban gempa bumi dan tsunami di pulau Sulawesi Tengah, Indonesia, yang dipimpin langsung oleh Presiden Kenya, Y.M. Uhuru Kenyatta.

Presiden Kenyatta didampingi oleh Maimunah Moch Sharif, Direktur Eksekutif UN-Habitat menyerahkan penghargaan kepada lima pemenang.

Risma terpilih dari 50 kandidat penerima penghargaan tahun ini. Ia dianugerahi penghargaan atas kebijakan tata kota Surabaya yang dinilai UN-Habitat sebagai kebijakan yang people-centred dan inklusif bagi seluruh masyarakat, sehingga tidak ada penduduk berpendapatan rendah (low income) yang merasa tertinggal. Poin pencapaian Risma lainnya yang dipuji oleh UN-Habitat juga adalah kebijakannya dalam manajemen limbah padat dan keberhasilannya dalam mendorong masyarakat untuk mengurangi dan mendaur-ulang limbah rumah tangga.

Dalam pidato penerimaan UN-Habitat Scroll of Honour, Walikota yang telah menjabat sejak tahun 2010 ini mengungkapkan bahwa jajarannya membina masyarakat yang tinggal di kampung atau perumahan untuk mengelola sampah organiknya dengan metode composting sederhana, sementara sampah anorganik dipilah dan dibawa ke Bank Sampah yang tersedia di kampung-kampung. 

Ia menekankan, “Reduce, Reuse, Recyle adalah konsep yang kami usung dan telah berhasil mengubah mindset masyarakat sehingga mereka sekarang menilai sampah sebagai barang berharga”.
Atas inisiatif kebijakannya dan dukungan dari masyarakat, Risma menyatakan bahwa kini telah terjadi penurunan volume sampah yang masuk ke TPA sejumlah 10% DAN Surabaya kini memiliki indeks kualitas udara yang lebih baik, serta penurunan signifikan atas banjir.

Atas penghargaan yang diterima Risma, Duta Besar Republik Indonesia, Soehardjono Sastromiharjo, menyatakan keberhasilan tidak lepas dari karakter kepemimpinan Risma sendiri.

“Seorang pemimpin harus hands on, jangan diatas saja tapi harus turun ke bawah, dan juga leadership through service,” ungkapnya. Mengacu pada gaya kepemimpinan Risma yang kerap turun ke lapangan untuk mengurai masalah yang ada.

The UN-Habitat Scroll of Honour adalah salah satu penghargaan paling prestisius yang diberikan untuk pihak-pihak, baik individu, kota atau organisasi, yang telah menunjukkan kepemimpinan dan kontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan perkotaan dan memberi perhatian khusus pada kondisi kaum miskin dan terlantar. Para pemenang ajang penghargaan yang telah dilaksanakan sejak tahun 1989 ini dinilai telah mendemonstrasikan praktik terbaik dalam memenuhi target  Sustainable Development Goal 11: Make cities and human settlement inclusive, safe, resilient and sustainable.

Selain Risma, terdapat 4 pemenang penghargaan lainnya, di antaranya Dr. Mona A. Serageldin (Institute for International Urban Development, Amerika Serikat), Isaac Muasa (Mathare Environmental Consevation Youth Group, Kenya), The Institute of Physical Planning, Kuba, dan Xuzhou City, China.

UN-Habitat sendiri adalah lembaga PBB yang berfokus pada program dan masalah pemukiman manusia dan pembangunan kota yang berkelanjutan.Masyarakat Nairobi Antusias Bertemu dengan Walikota Surabaya Pada hari Minggu, 30 September 2018, sehari sebelum menerima penghargaan Scroll of Honourdari UN-Habitat, Tri Rismaharini berkesempatan untuk bertemu dengan masyarakat Indonesia di Nairobi.  Dalam acara yang diselenggarakan KBRI Nairobi ini, sekitar 80 orang WNI serta keluarga memadati  ruang serbaguna KBRI Nairobi, tempat diselenggarakannya acara ini.

Dalam kesempatan ini, Risma menyampaikan presentasi terkait perubahan yang terjadi di Kota Surabaya, baik dari segi pengelolaan anggaran, perbaikan fasilitas umum dan infrastruktur, dan perubahan pola pikir masyarakat menjadi masyarakat yang lebih mandiri dan produktif secara ekonomi.

Duta Besar RI, Soehardjono Sastromiharjo, menyatakan bahwa “Acara ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk diaspora Indonesia di Nairobi untuk bertemu muka dengan langsung dan bisa melakukan tanya jawab dengan walikota Surabaya yang selama ini mungkin hanya bisa dilihat oleh diaspora dari video-videonya yang viral.”

Masyarakat yang antusias mengikuti jalannya acara turut melontarkan berbagai pertanyaan kepada Risma, baik itu mengenai pengelolaan anggaran dan teknologi informasi yang digunakan pemerintah Surabaya.

“Presentasi Ibu Risma mengenai perkembangan Kota Surabaya sangat informatif dan juga edukatif. Bu Risma sangat menginspirasi individu seperti saya yang sudah lama berada di diaspora untuk suatu hari nanti bersumbangsih kepada negeri sendiri dengan kapasitas saya,” ungkap Dinka Basuki, salah satu diaspora Indonesia yang sudah tinggal selama lebih dari 5 tahun di Nairobi.  “Momen yang paling menarik adalah ketika kami semua berfoto dan ber-selfie ria dengan Bu Risma, sudah ibarat jumpa fans seorang rock star,” tambahnya. Dasman Djamaluddin/ZIQ

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,96,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,284,NCW,1,Nusantara,19,Opini,13,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,68,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,19,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Walikota Surabaya Tri Rismaharini : Putri Terbaik Bangsa Indonesia Terima Penghargaan Dari PBB Di Nairobi
Walikota Surabaya Tri Rismaharini : Putri Terbaik Bangsa Indonesia Terima Penghargaan Dari PBB Di Nairobi
https://2.bp.blogspot.com/-l8ocqLI-05Q/W7Xm8qWP0LI/AAAAAAAAI4k/W9dlRWsOr1kat-bj8QhncaHo4GmLnCw_QCLcBGAs/s1600/PHOTO-2018-10-04-12-25-00.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-l8ocqLI-05Q/W7Xm8qWP0LI/AAAAAAAAI4k/W9dlRWsOr1kat-bj8QhncaHo4GmLnCw_QCLcBGAs/s72-c/PHOTO-2018-10-04-12-25-00.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2018/10/walikota-surabaya-tri-rismaharini-putri.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2018/10/walikota-surabaya-tri-rismaharini-putri.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin