Bangun ‘Meikarta’, Lippo Invest Rp278 Trilliun

JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Kelompok usaha nasional Lippo, beberapa waktu lalu mengumumkan pembangunan kota baru berskala internasional dengan nama visioner "MEIKARTA" dengan total nilai proyek melebihi Rp278 trilliun.
Ini merupakan proyek investasi Lippo yang terbesar yang pernah dikerjakan selama 67 tahun sejarah berdirinya kelompok ini. Lokasi kota raksasa ini berada di jantung ekonomi RI di koridor Jakarta-Bandung.
60% ekonomi nasional RI berada di kawasan Jakarta-Botabek-Bandung. Dan 70% nya berada di pusat Bekasi-Cikarang dengan penduduk yang akan mencapai 15 juta dalam waktu 20 tahun ke depan. Berarti disinilah keseluruhan pusat perekonomian RI.
Kota raksasa modern Meikarta berada di tengah tengah koridor ini dan di kelilingi beberapa kota baru seperti Lippo Cikarang, Jababeka, MM2100, dsb. Disinilah juga pusat keseluruhan industrialisasi RI dimana lebih dari satu juta mobil, sepuluh juta motor dan jutaan kulkas, TV dan alat alat rumah tangga di produksi per tahun.
Ribuan perusahaan perusahaan raksasa nasional dan multi-nasional berbasis didalam koridor ini dengan ratusan ribu staf dan karyawan kantor dan jutaan pekerja. Antara lain, Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Panasonic, Toshiba, Hankook, Samsung, dsb.
Tanpa disadari disinilah juga pusat talent dan sumber daya manusia trampil, terpelajar, dan hebat bekerja dan berhuni.
Meikarta akan tampil sebagai kota modern terlengkap, terindah dan paling lengkap infrastruktur di Asia Tenggara. Nama Meikarta adalah sesuatu visi kota lebih indah dari Kota Jakarta. Meikarta dan sekitarnya berpotensi riil menjadi kota terpenting di seluruh RI.
Saat ini juga pemerintah pusat sudah mulai bergerak cepat membangun beberapa infrastruktur penting di kawasan ini, antara lain: 1) Menjadikan koridor Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung sebagai 'Shenzhennya RI' dan pusat ekonomi terpenting di seluruh tanah air; 2) Mencukupi segala kebutuhan infrastruktur dasar menunjang pembangunan ini; 3) Kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung dengan investasi Rp65 trilliun.
4) Pembangunan Patimban Deep Seaport bernilai Rp40 trilliun. 5) Pembangunan lapangan terbang baru 'Kertajati International Airport' bernilai Rp23 trilliun. 6) Pembangunan APM Monorail menyatukan tujuh kota baru di sekitar Meikarta. 7) Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek Elevated Highway bernilai Rp16 trilliun.
Dalam tahap pertama, Meikarta sudah memulai pembangunan 250,000 perumahan yang akan langsung menampung lebih dari satu juta komunitas perkotaan. Pembangunan Meikarta seluas 22,000,000 m2 tahap pertama sudah di rancang sejak 2014. Pekerjaan fisik sudah dimulai sejak Januari 2016 dengan dibangunnya sekaligus sampai seratus gedung cakar langit masing masing 35 sampai 46 lantai. Total pekerja yang akan mencapai 65,000 orang merupakan penciptaan lapangan kerja tersendiri. Kondisi di lapangan menunjukan dinamika pembangunan seperti pembangunan Shenzhen pada tahap awalnya.
Lima puluh gedung sudah akan mulai siap dihuni pada bulan Desember 2018. Diharapkan dan diperkirakan Meikarta akan menjadi bagian dari solusi kemacetan, kepadatan dan tekanan sosial lainnya dari Ibukota Jakarta/DKI.
Lippo akan memasarkan launching penjualan perumahan pada acara gebyar akbar pada hari Sabtu 13 Mei 2017 di Maxx Box, Orange County, Lippo Cikarang di dalam sales office lengkap sebesar 16,000m2. Diperkirakan penjualan mencapai puncak 3,000 sampai 5,000 unit per hari.
Harga pasar disekitar koridor Bekasi-Cikarang yang saat ini Rp18-20juta per meter2 akan di potong besar besaran sebesar 50% dgn terobosan harga dibawah Rp12.5juta per meter2 dan disertai dengan kredit pemilikan rumah/apartment 20-25 tahun dengan bunga dimulai dari 8,25%, cukup dengan booking fee hanya Rp2 juta dan selanjutnya uang muka sebesar 10%. Meikarta menjamin investasi penghunian terbaik di Asia Tenggara karena investasi masif infrastruktur dan fasilitas yang dibangun.
Meikarta juga akan menampung sebagian penting dari 112,000 staf/karyawan Kelompok Lippo sendiri. Infrastruktur dan fasilitas yang dibangun berskala dan bertaraf kualitas dunia termasuk: 1) Tujuh pusat perbelanjaan mall dan komersial dengan total luasan 1.500,000m2. 2) Pusat Kesehatan dan Rumah Sakit Internasional. 3) Pusat Keuangan Internasional (International Financial Center). 4) Sepuluh hotel internasional berbintang lima. 5) Perpustakaan Nasional (National Library). 6) Opera Theatre & Art Centre. 7) Seratus SD Internasional dan Nasional Plus. 8) Limapuluh SMP/SMA Nasional dan Internasional. 9) Tiga universitas nasional. 10) Pusat Riset Industri. 11) International Exhibition Centre. 12) Indonesian Silicon Valley.
Pembangunan lima pilar dan pusat2 inovasi: 1) Innovative Infrastructure & Transportation.  2) High Tech CBD & Research Hub.  3) Business & Commercial Hub.  4) Green Sustainable Living.  5) Center for the Arts, Culture & Education.
Total investasi berasal dari kelompok Lippo sendiri dan mitra2nya. Selain itu, pada bagian bagian tertentu, di dukung dengan kemitraan investasi dari partners global diantaranya kelompok Mitsubishi, Toyota, Sanko Soflan yang sudah terlebih dahulu memulai pengembangan awal.
Tahap pertama di rencanakan selesai dalam waktu tiga tahun walaupun akan mulai dihuni Desember 2018. Meikarta dikelola dengan prinsip visi, keberanian, pengelolaan solid, kecepatan dan sistim keuangan yang sehat.
Pekerjaan pembangunan dan konstruksi di kawasan ini akan dikelola oleh Lippo sendiri bekerja sama dengan kontraktor kontraktor nasional seperti Total Bangun Persada, Wika, PP dan lainnya.
Ir. Theo Sambuaga, Presiden Kelompok Lippo menyatakan: "Meikarta merupakan pembangunan bangsa yang memperhatikan peningkatan standar hidup yang baru. Kami bangga tim kita sendiri mampu mempersembahkan konsep baru yang dinamis. "
Dr. James Riady, CEO Kelompok Lippo mengemukakan: "Ini pembangunan kota baru ke sembilan namun akan terindah dan lengkap.
"Prof. Dr. Ginanjar Kartasasmita berkomentar: "Kami salut terobosan baru yang dipelopori Lippo dengan keberanian investasi yang besar ini. "
Prof. Didik Rachbini mengatakan: "Di tengah tengah kelesuan ekonomi global dan regional dan rendahnya semangat berinvestasi, Lippo sekali lagi hadir menciptakan ide ide baru, dan ketekunan terus membangun di dalam negeri serta menciptakan lapangan kerja yang meluas. "
Presiden Meikarta, Ketut Budi Widjaja  menyatakan: "Kami senang mendapatkan dukungan pemda dan kesempatan ikut membangun sesuatu yang unik bagi bangsa dan masyarakat kita."
Ir. Alwi Sjaaf, Dipl.Ing, Direktur Lippo Design Institute menjelaskan tentang keunikan design Meikarta: "...Kita sajikan keunikan pola design New York City dengan traffic-efficient grid system dan satu Central Park yang luas. Design yang sangat memperhatikan lingkungan hidup modern yang eco-friendly. Infrastruktur yang sangat up to date."
Kelompok Lippo adalah salah satu kelompok nasional terkemuka di Indonesia yang telah berbakti secara konsisten selama 67 tahun melalui 112,000 staf dan karyawan, melayani lebih dari 60 juta nasabah dan pelanggan. (SN)

Posting Komentar

0 Komentar