Ceramah Alfian Tanjung Berakhir di Polisi

Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) Alfian Tanjung, di kantor Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (Foto: KC)
Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) Alfian Tanjung, di kantor Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (Foto: KC)
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (UHAMKA) Alfian Tanjung ditahan Penyidik Mabes Polri setelah diperiksa sebagai tersangka. Yang bersangkutan diduga melakukan fitnah dan pencemaran nama baik dengan mengungkit Partai Komunis Indonesia dalam salah satu ceramahnya yang menjadi viral di media social beberapa waktu silam.
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengakui kepada awak media, Alfian ditahan sejak Selasa ini (30/5/2017). "Yang bersangkutan ditahan sejak hari ini," ujar Kombes Martinus Sitompul.
Menurut laporan seorang warga Surabaya di Jawa Timur, bernama Sujatmiko, Alfian telah memberikan ceramah dengan materi tentang PKI. Ceramah dilakukan di Masjid Mujahidin, Surabaya. Diduga ceramah tersebut menyerang nama baik seorang atau beberapa pejabat yang dikaitkan dengan partai terlarang PKI.
Martinus mengatakan, penahanan Alfian merupakan pertimbangan objektif dan subjektif penyidik. "Penahanan sudah sesuai dengan ketentuan undang-undang," kata Martinus. Sebelumnya dia dilaporkan oleh Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki karena menyebut Teten adalah kader PKI.
Alfian juga mengatakan bahwa gedung Kantor Staf Presiden yang terletak di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Presiden, sering dijadikan tempat rapat PKI oleh Teten dan kawan-kawannya. Versi Alfian, dia punya bukti atas tuduhannya tersebut. Ia siap membuktikannya di depan penyidik.
"Saya siap dan bisa(memberikan keterangan). PKI bangkit itu the real is come back," ujar Alfian saat ditemui di kantor Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, medio Maret 2017 silam. Selain itu, Alfian juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena menyebut kader PDI-P dan orang dekat Presiden Joko Widodo adalah PKI.
Dalam akun Twitternya, Alfian menulis bahwa sebanyak 85 persen kader PDI-P merupakan kader PKI. Alfian juga sempat menyebut Anggota Dewan Pers Nezar Patria sebagai kader PKI. Nezar langsung melayangkan somasi. Setelah menerima surat teguran tersebut,kabarnya Alfian mengaku salah dan keliru dengan menyebut Nezar sebagai kader PKI. (odjie/Kc)***

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,23,Headline,85,Hibura,1,Hiburan,55,Hukum,77,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,150,Musik,15,Nasional,265,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,2,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,5,Televisi,13,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,96,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,53,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,67,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,57,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,8,Trans Sumsel,16,Trans Sumut,7,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,76,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Ceramah Alfian Tanjung Berakhir di Polisi
Ceramah Alfian Tanjung Berakhir di Polisi
Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (UHAMKA) Alfian Tanjung ditahan Penyidik Mabes Polri setelah diperiksa sebagai tersangka. Yang bersangkutan diduga melakukan fitnah dan pencemaran nama baik dengan mengungkit Partai Komunis Indonesia dalam salah satu ceramahnya yang menjadi viral di media social beberapa waktu silam.
https://3.bp.blogspot.com/-CbxTPGERRXk/WS0V3lB3KZI/AAAAAAAAETY/uszCC5doPYg8QM2nD84nDXBCDvF7jn69gCLcB/s1600/Dosen-Universitas-Muhammadiyah-Prof.-DR.-Hamka-%2528UHAMKA%2529-Alfian-Tanjung.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-CbxTPGERRXk/WS0V3lB3KZI/AAAAAAAAETY/uszCC5doPYg8QM2nD84nDXBCDvF7jn69gCLcB/s72-c/Dosen-Universitas-Muhammadiyah-Prof.-DR.-Hamka-%2528UHAMKA%2529-Alfian-Tanjung.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/05/ceramah-alfian-tanjung-berakhir-di-polisi.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/05/ceramah-alfian-tanjung-berakhir-di-polisi.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin