Bupati Karawang Hadiri Perayaan Cap Go Meh 2568

Perayaan Cap Go Meh di Karawang.
Perayaan Cap Go Meh di Karawang.
KARAWANG, KORANTRANSAKSI.com - Hari ke-15 dalam tahun Baru Cina atau yang lebih dikenal sebagai "Cap Go Meh" telah berlangsung di seluruh penjuru negeri terutama di daerah yang memiliki banyak populasi Etnis Tionghoa seperti di Kalimantan Barat, Bangka-Belitung, Palembang, Pecinan Semarang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Manado dan Medan. Di Karawang sendiri, Cap Go Meh, telah dirayakan dalam sebuah festival semarak dan megah di Kota Karawang.
Perayaan Cap Go Meh di Karawang dibuka oleh Bupati Karawang dr. Cellica Nurachadiana. Selain dihadiri oleh unsur Forkominda, acara tersebut juga dihadiri istri Mantan Presiden RI ke 4 KH. Abdurahman Wahid, Hj. Shinta Nurriyah, Minggu (12/2/2017). Ribuan peserta yang mengikuti Kirab mulai berjalan dari Vihara Dharma Prasada dan melakukan pawai melewati Jalan Tuparev, Kertabumi, AR. Hakim, hingga kembali lagi ke Jalan Tuparev.
Kendati acara ini merupakan warisan dari Tionghoa, akan tetapi antusias masyarakat sekitar juga tidak kalah seru. Peserta Kirab Cap Go Meh kali ini tidak hanya berasal dari Karawang, beberapa dari mereka ada yang berasal dari luar kota seperti, Bekasi hingga Jakarta.
Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, agar perayaan Cap Go Meh ini mampu memberikan pencerahan bagi kehidupan bermasyarakat yang penuh dengan kebersamaan. “Oleh karena itu marilah kita secara bersama-sama membangun masa depan bangsa, dengan dijiwai semangat dan nilai-nilai kerukunan umat beragama,” ujarnya.
“Karena tidak ada satu agama pun yang mengajarkan kekerasan, permusuhan dan kebencian, akan tetapi semua agama mengajarkan umatnya untuk saling pengertian, saling menghormati dan saling mengasihi tanpa membeda-bedakan suku, golongan dan status sosialnya,” tambahnya.
Menurut Buapti Karawang, Indonesia memang sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama islam, namun telah mempelopori pluralisme agama yang tertuang dalam falsafah Pancasila dan UUD Tahun 1945 hingga lahirlah konsep “Tri Kerukunan Umat Beragama”. Yaitu, (1) kerukunan intern umat beragama, (2) kerukunan antar umat beragama, (3) kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah.
Bupati Karawang berharap kepada semua jajaran dibawahnya, untuk senantiasa memberikan pelayanan publik yang sama kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk masyarakat Tionghoa, dan termasuk penganut agama khong khu chu.
“Marilah kita bangun masa depan bangsa, dengan semangat persatuan dan persaudaraan yang dilandasi semangat kerukunan umat beragama serta raihlah kehidupan yang lebih baik,” tandasnya.
Menurut Bupati Karawang, yang menarik dari Cap Go Meh di Karawang adalah perpaduan budaya Sunda dan Tionghoa. "Ini bagusnya ada kolaborasi dua budaya," puji Bupati.
Terakhir, Bupati mengucapkan selamat atas perayaan Cap Go Meh kepada umat Khong Khu Chu dan masyarakat Tionghoa. “Semoga perayaan Cap Go Meh 2568 ini membawa kebahagiaan, kedamaian, pengharapan, dan kesejahteraan,” harapnya.
“Perayaan ini, merupakan refleksi nilai-nilai keagamaan untuk membangun sikap dan perilaku sosial yang lebih baik. perayaan ini juga dapat memperkokoh persatuan dan kebersamaan untuk bersama-sama membangun karya bagi kemajuan bangsa dan negara yang sama-sama kita cintai,” pungkas Bupati. (Agus Safutra)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,96,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,285,NCW,1,Nusantara,19,Opini,14,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,69,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,19,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Bupati Karawang Hadiri Perayaan Cap Go Meh 2568
Bupati Karawang Hadiri Perayaan Cap Go Meh 2568
Di Karawang sendiri, Cap Go Meh, telah dirayakan dalam sebuah festival semarak dan megah di Kota Karawang.
https://3.bp.blogspot.com/-jfHjX0cWZVI/WKpvlC6vIAI/AAAAAAAADl0/B9baZwgBU24A8olKvhFQBMVKRoiys-UxwCLcB/s1600/Perayaan-Cap-Go-Meh-di-Karawang..jpg
https://3.bp.blogspot.com/-jfHjX0cWZVI/WKpvlC6vIAI/AAAAAAAADl0/B9baZwgBU24A8olKvhFQBMVKRoiys-UxwCLcB/s72-c/Perayaan-Cap-Go-Meh-di-Karawang..jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/02/bupati-karawang-hadiri-perayaan-cap-go-meh-2568.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/02/bupati-karawang-hadiri-perayaan-cap-go-meh-2568.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin