Menag Canangkan Kota Limboto Sebagai Madinatul Ilmi

Menag Lukman bersama Plt Gubernur Gorontalo dan Bupati Gorontalo menekan tombol sirine pada Pencanangan Kota Limboto sebagai Madinatul Ilmi.
Menag Lukman bersama Plt Gubernur Gorontalo dan Bupati Gorontalo menekan tombol sirine pada Pencanangan Kota Limboto sebagai Madinatul Ilmi.
GORONTALO, KORANTRANSAKSI.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mencanangkan Kota Limboto Kabupaten Gorontalo sebagai Madinatul Ilmi (Kota Ilmu/Peradaban). Pencanangan secara simbolis ditandai dengan memencet tombol sirine yang dilakukan Menag bersama Plt Gubernur Provinsi Gorontalo Zuhdan Arief Fakhrullah dan Bupati Gorontalo Nelson Pamolangi.
Pencanangan Kota Limboto sebagai Madinatul Ilmi ini dilakukan di GOR David Tonny Kab. Gorontalo bersamaan dengan Rakerwil Dewan Masjid Indonesia (DMI) Prov. Gorontalo serta pengukuhan 199 Guru Pendidikan Agama bukan PNS. Hadir juga dalam kesempatan ini tokoh agama dan masyarakat provinsi Gorontalo, Rektor IAIN Gorontalo, Kakanwil Provinsi Gorontalo, serta SKPD Pemprov dan Pemda Gorontalo.
Menag Lukman mengapresiasi pencanangan Kota Limboto sebagai Madinatul Ilmi. Menurutnya, hal itu sangat relevan dalam konteks kekinian di mana kehidupan harus dilandaskan dengan ilmu.
"Ilmu menjadi syarat kita mengembangkan, baik diri sendiri maupun masyarakat secara keseluruhan. Karenanya itu sangat strategis," tegas Menag di Gorontalo, Senin (23/01/2017).
Melalui pencanangan ini, Menag berharap Kota Limboto yang merupakan ibu kota Kabupaten Gorontalo bisa menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan. Hal itu menurutnya bisa diwujudkan dalam bentuk pendirian lembaga pendidikan formal dan juga bisa dicirikan dengan kehidupan masyarakat yang terdidik.
"Ciri masyarakat terdidik adalah memiliki wawasan luas. Karena itu muncul kearifan dan kebijakan. Arif itu lebih luas dari sekedar tahu," terangnya.
"Ada orang tahu, faham, dan arif. Arif itu tidak sekedar tahu dan faham, tapi juga bisa mengetahui dan memahami latar belakang dan dampak dari pengetahuan dan pemahamannya," tambahnya.
Dikaitkan dengan kehidupan sekarang, pencanangan ini menurut Menag juga sangat strategis. Ditengah menguatnya semangat beragama, semangat mencari ilmu diharapkan dapat mengantarkan masyarakat pada pemahaman keagamaan yang semakin baik pula.
"Semakin orang memiliki pengetahuan, maka semakin bijaklah dia. Kalau kita tidak arif, maka tidak hanya merusak kehidupan keagamaan tapi keutuhan bangsa juga terancam," imbuhnya.
Bupati Nelson Pamolangi sebelumnya menyampaikan rencananya untuk membangun kota satelit pendidikan yang disebut Madinatul Ilmi. Menurutnya, Kabupaten Gorontalo sudah memiliki 3 Perguruan Tinggi, yaitu: Universitas Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, dan IAIN. Selain itu, dalam waktu dekat di Kabupaten Gorontalo juga akan dibuka Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo.
Di samping itu, di Provinsi Gorontalo juga ada 14 perguruan tinggi swasta lainnya. "Kami ingin sama seperti depoknya Jakarta. Di sana banyak perguruan tinggi sehingga ini bisa ikut memajukan ekonomi Gorontalo," ujarnya.
Selain perguruan tinggi, modal dasar lainnya dalam pencanangan Madinatul Ilmu ini adalah kehidupan masyarakat Gorontalo yang mayoritas (95%) beragama Islam ini rukun dan damai. (Q4/Rel)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,96,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,285,NCW,1,Nusantara,19,Opini,14,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,69,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,19,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Menag Canangkan Kota Limboto Sebagai Madinatul Ilmi
Menag Canangkan Kota Limboto Sebagai Madinatul Ilmi
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mencanangkan Kota Limboto Kabupaten Gorontalo sebagai Madinatul Ilmi (Kota Ilmu/Peradaban). Pencanangan secara simbolis ditandai dengan memencet tombol sirine yang dilakukan Menag bersama Plt Gubernur Provinsi Gorontalo Zuhdan Arief Fakhrullah dan Bupati Gorontalo Nelson Pamolangi.
https://4.bp.blogspot.com/-HCk1lNz_1hw/WIb0WeVEekI/AAAAAAAADTg/ZWkX5CxVro0vnswoWkPagpSj5T7xOmHFgCLcB/s1600/Menag-Lukman-bersama-Plt-Gubernur-Gorontalo-dan-Bupati-Gorontalo-menekan-tombol-sirine-pada-Pencanangan-Kota-Limboto-sebagai-Madinatul-Ilmi..jpg
https://4.bp.blogspot.com/-HCk1lNz_1hw/WIb0WeVEekI/AAAAAAAADTg/ZWkX5CxVro0vnswoWkPagpSj5T7xOmHFgCLcB/s72-c/Menag-Lukman-bersama-Plt-Gubernur-Gorontalo-dan-Bupati-Gorontalo-menekan-tombol-sirine-pada-Pencanangan-Kota-Limboto-sebagai-Madinatul-Ilmi..jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/01/menag-canangkan-kota-limboto-sebagai-madinatul-ilmi.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/01/menag-canangkan-kota-limboto-sebagai-madinatul-ilmi.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin