Menag: Agama di Indonesia Harus Dijaga Moderasinya

Menag Lukman hadiri Pembinaan ASN Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo di Asrama Haji Antara Gorontalo.
Menag Lukman hadiri Pembinaan ASN Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo di Asrama Haji Antara Gorontalo.
GORONTALO, KORANTRANSAKSI.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan aparaturnya untuk lebih proaktif dalam ikut berpartisipasi menyebarkan dan mengamalkan nilai-nilai moderatisme dalam beragama. Menurutnya, agama yang berkembang di Indonesia harus dijaga moderasinya.
Menurutnya, apakah Islam, Katolik, Hindu, Buddha dan lainnya, semua agama yang hidup di Indonesia adalah agama yang memiliki tingkat moderasi tinggi, tidak ekstrim. "Menjadi kewajiban kita mengemban misi ini. Jatidiri Indonesia adalah keragaman. Di tengah keragaman harus dibangun nilai agama yang moderat," kata Menag saat memberikan pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo di Asrama Haji Antara Gorontalo, Senin (23/01/2017).
Menag berharap keluarga besar kementerian yang saat ini dipimpinnya mampu menjalani tugas mulia, mengawal nilai-nilai moderatisme agama. Dalam konteks saat ini, Menag menilai dunia maya (internet) menjadi sarana strategis untuk bisa mengimplementasikan tugas dan amanah ini.
Naiknya trend ekspresi keagamaan masyarakat dalam beberapa bulan terakhir menurut Menag merupakan hal positif. Meski demikian, ada potensi negatif yang perlu diwaspadai, utamanya terkait dengan berkembangnya informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan mengarah pada sikap antiperbedaan dan keragaman.
"Moderasi penting. Beberapa negara di Timur Tengah menghadapi persoalan pelik karena tidak mampu menjaga moderasi di tengah keragaman sehingga sesama anak bangsa saling berkonflik," ujarnya.
Menag mengajak masyarakat Gorontalo yang mayoritas Muslim untuk mengembang tanggung jawab lebih dalam mengawal moderasi. Salah satu caranya adalah dengan segenap jiwa dan rasa mengembangkan agama dengan cinta. "Dengan jiwa, rasa, dan cinta, maka agama yang berkembang di masyarakat adalah agama yang bisa mengayomi semua kita," pesannya.
Sosialisasi Kebijakan Baru dan Pembinaan ASN Kementerian Agama Provinsi Gorontalo di Asrama Haji Antara Provinsi Gorontalo ini dihadiri lebih 300 ASN Kanwil Kemenag Provinsi dan utusan dari enam Kab/Kota, yaitu: Kab. Gorontalo, Kota Gorontalo, Kab. Gorontalo Utara, Kab. Pohuwato, Kab. Bone Bolango, dan Kab. Boalemo.
Kepala Kanwil Kemenag Gorontalo Rusman Langke dalam laporannya mengatakan bahwa kehidupan beragama di Provinsi Gorontalo berjalan rukun dan aman. Menurutnya, penduduk Gorontalo berjumlah sekitar 1.1juta, dengan 96.3% beragama Islam. Sementara lainnya, beragama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. "Provinsi Gorontalo adalah salah satu daerah teraman di Indonesia dari segala bentuk tindakan anarkis," kata Rusman.
Aparatur Kanwil Kemenag Gorontalo, lanjut Rusman, berjumlah 1.539 orang, belum termasuk guru honorer. Provinsi Gorontalo memiliki 246 madrasah, 23 negeri, dan 223 swasta, serta 25 pondok pesantren.
Kanwil Gorontalo juga memiliki 54 Penyuluh Agama Islam PNS, dan 518 bukan PNS. Untuk penyuluh Kristen PNS belum ada, sementara yang bukan PNS 50 orang. Selain itu, ada satu penyuluh Katolik yang PNS, sementara yang bukan PNS 25.
"Untuk penyuluh Hindu, 1 PNS dan 12 bukan PNS. Sedang penyuluh Buddha 1 PNS, dan belum ada yang bukan PNS," tandasnya.
Dalam kesempatan ini, Menag Lukman juga menandatangani prasasti peresmian Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Hulonthalangi Kota Gorontalo. Menag juga meninjau pembangunan revitalisasi asrama haji antara Provinsi Gorontalo yang rencananya akan diresmikan pada Februari mendatang. (Q4/Rel)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,88,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,78,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,280,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,3,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,6,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,66,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,18,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Menag: Agama di Indonesia Harus Dijaga Moderasinya
Menag: Agama di Indonesia Harus Dijaga Moderasinya
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan aparaturnya untuk lebih proaktif dalam ikut berpartisipasi menyebarkan dan mengamalkan nilai-nilai moderatisme dalam beragama. Menurutnya, agama yang berkembang di Indonesia harus dijaga moderasinya.
https://2.bp.blogspot.com/-5zSbQ77s8Iw/WIb0vOpeJSI/AAAAAAAADTk/-fmOv97BX6QKXq6G69xn9fDJ-a-D_5ATgCLcB/s1600/Menag-Lukman-hadiri-Pembinaan-ASN-Kanwil-Kemenag-Provinsi-Gorontalo-di-Asrama-Haji-Antara-Gorontalo.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-5zSbQ77s8Iw/WIb0vOpeJSI/AAAAAAAADTk/-fmOv97BX6QKXq6G69xn9fDJ-a-D_5ATgCLcB/s72-c/Menag-Lukman-hadiri-Pembinaan-ASN-Kanwil-Kemenag-Provinsi-Gorontalo-di-Asrama-Haji-Antara-Gorontalo.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/01/menag-agama-di-indonesia-harus-dijaga-moderasinya.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/01/menag-agama-di-indonesia-harus-dijaga-moderasinya.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin