Indonesia Butuh Empat Modal Untuk Jadi Bangsa Kompetitif

Menaker, M. Hanif Dhakiri.
Jakarta, Trans - Indonesia dihadapkan dengan berbagai tantangan baik internal maupun eksternal. Untuk menghadapi tantangan tersebut kata kuncinya adalah daya saing, karena tidak ada satupun negara yang dapat survive tanpa adanya daya saing. Untuk menjadi bangsa yang kompetitif, Indonesia paling tidak memiliki 4 modal utama, yaitu sumber daya manusia, sumber daya alam, stabilitas politik dan posisi letak geografis NKRI.
"Kapabilitas individu, komitmen, kompetensi, dan pengalaman pribadi yang dimiliki oleh setiap individu akan membawa organisasi mencapai kinerja yang diperlukan," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri di Jakarta, belum lama ini.
Menurut Menaker, human capital penting sebagai sumber inovasi. Selain itu, human capital juga memberikan nilai tambah melalui motivasi, komitmen, kompetensi serta efektivitas kerja yang akan dikontribusikan dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya. Sehingga memberikan sustainable revenue bagi suatu organisasi/perusahaan.
Dengan populasi SDM terbesar di wilayah ASEAN sekitar 242 juta jiwa atau setara 40 persen dari total jumlah populasi ASEAN. Apalagi lagi jika dikaitkan dengan bonus demografi yang akan terjadi beberapa tahun kedepan. Semakin memposisikan Indonesia sebagai negara yang memiliki posisi tawar yang sangat strategis dalam percaturan ASEAN," papar Menaker.
Posisi tawar tersebut, lanjut Menaker, akan didapatkan jika SDM Indonesia memiliki daya saing. Daya saing harus diciptakan, dipelihara, dan bahkan harus memiliki tantangan untuk menguji ketahanannya, sehingga semakin memiliki ketahanan dan kekuatan.
Disinilah letak pentingnya membangun dan menyiapkan kekuatan SDM, yang mampu menghadapi tantangan atau permasalahan, dan media untuk menumbuhkembangkan SDM yang berkualitas adalah melalui pendidikan, pelatihan dan pengalaman.

Tingkatkan Kompetensi
Di era ini, Menteri Hanif juga menyadari bahwa setiap anak bangsa dituntut secara alami oleh dunia internasional untuk terus meningkatkan kemampuan. Oleh karena itu, ia selalu menyatakan akan pentingnya kompetensi untuk memenangkan persaingan global.
Menurutnya, kompetensi tenaga kerja dan sertifikasi ketenagakerjaan merupakan solusi sebagai upaya meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Selanjutnya, produktivitas tenaga kerja merupakan variabel kunci untuk memenangkan persaingan antar individu, antar industri, antar sektor, antar daerah, dan antar negara.
Beberapa waktu lalu, Menteri Hanif juga mengingatkan kembali akan pentingnya kompetensi, saat memberi kuliah umum tentang peningkatan SDM, di Kampus Batam Tourist Politeknik. “Jadilah yang terbaik dari yang baik di bidangmu!,” tegas Menaker Hanif.
Menteri tiga anak itu menjelaskan, peningkatan SDM harus terus digenjot untuk bisa bersaing di luar negeri. SDM menjadi tolak ukur sukses dan tidaknya sebuah Negara, untuk itu mari terus tingkatkan sumber daya kita.
Menaker juga tekankan pentingnya mengasah kompetensi karena skill menjadi syarat mutlak untuk dapat bersaing. “Tanpa skil, kita akan menjadi bangsa yang tertinggal,” tandas dia. | Rechan Nazar

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,88,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,78,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,280,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,3,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,6,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,66,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,18,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Indonesia Butuh Empat Modal Untuk Jadi Bangsa Kompetitif
Indonesia Butuh Empat Modal Untuk Jadi Bangsa Kompetitif
https://2.bp.blogspot.com/-Guh5SFocvb0/WBmjF0jyWOI/AAAAAAAABqM/bWySZrLV7voP_uUPBX4sKDCj599mWTSogCLcB/s640/Menaker%252C%2BM.%2BHanif%2BDhakiri..jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Guh5SFocvb0/WBmjF0jyWOI/AAAAAAAABqM/bWySZrLV7voP_uUPBX4sKDCj599mWTSogCLcB/s72-c/Menaker%252C%2BM.%2BHanif%2BDhakiri..jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/10/indonesia-butuh-empat-modal-untuk-jadi.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/10/indonesia-butuh-empat-modal-untuk-jadi.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin