Ini 4 Rute Perjalanan KA Dibatalkan Akibat Banjir Melanda Semarang

 

Hujan Lebat Mengguyur Sebagian Wilayah Semarang dan Sekitarnya Sejak Rabu Siang (Foto:dok)
Semarang, KORANTRANSAKSI.com - Sejumlah perjalanan kereta api (KA) yang melintas di jalur Pantura mengalami keterlambatan karena banjir di beberapa titik yang merendam jalur rel di Semarang, Jawa Tengah. Untuk mengantisipasi hal itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pembatalan sejumlah perjalanan kereta api pemberangkatan awal dari Daop 4 Semarang dan melaksanakan rekayasa pola operasi bagi perjalanan kereta api lainnya pada Kamis, 14 Maret 2024 pukul 04.30 WIB.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan bahwa, pihak KAI menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan KA-KA tersebut. “Kami meminta maaf kepada seluruh penumpang yang telah memiliki tiket, bisa membatalkan tiket di loket stasiun dan bea akan dikembalikan 100% di luar bea pesan”, tuturnya.

Pembatalan dapat dilakukan hingga 7 hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. "Rekayasa pola operasi jalan memutar bagi KA-KA tersebut untuk mengurangi dampak kelambatan lebih banyak lagi," ujar Agus.

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pembatalan sejumlah perjalanan Kereta Api Pemberangkatan Awal dari Daop 4 Semarang akibat Tergenang air hujan 
KAI memberikan service recovery kepada penumpang yang terdampak kelambatan tinggi perjalanan KA akibat banjir tersebut berupa minuman, makanan ringan, dan makanan berat. Selanjutnya, KAI menyiapkan petugas yang bersiaga di titik-titik banjir untuk memastikan keselamatan dan menyiapkan material yang diperlukan untuk normalisasi jalur bisa dilalui kereta api.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji menuturkan, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng saat ini tidak melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi. "Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan dan kami sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal,” ujar Agus.

Sebelumnya, hujan lebat yang terjadi sejak Rabu siang hingga malam membuat beberapa titik di Kota Semarang kebanjiran. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Endro Martanto, Rabu (13/3/2024) mengatakan, genangan banjir Semarang bervariasi antara 20 hingga 70 sentimeter.

Sejumlah wilayah yang terdampak banjir antara lain Jalan Kaligawe di Kelurahan Muktoharjo, Kelurahan Tambakrejo, Kelurahan Sambirejo, Kelurahan Krobokan, serta Kelurahan Kudu. Endro menambahkan titik yang banjir mengalami tren kenaikan menyusul hujan yang masih mengguyur Kota Semarang. (OD)

 



Posting Komentar

0 Komentar