Ditjen Imigrasi Gelar Pelayanan 1.074 Paspor Dalam Sehari di GBK

 

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim Saat Menyampaikan Sambutan dalam Kegiatan "Imigrasi Run 2024" yang diselenggarakan dikawasan Gelora Bung Karno pada Minggu (28/1/2024)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi yang Ke-74, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar pelayanan pembuatan paspor baru maupun perpanjangan di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu, (28/1/2024).

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim menyampaikan bahwa, pihaknya menyediakan pelayanan paspor untuk 1.074 pemohon. Hal tersebut dikatakan, sekaligus membuktikan bahwa Imigrasi mampu melayani ribuan pemohon paspor dalam satu hari sekaligus.

“Dengan diadakannya Pelayanan Paspor 1.074 hari ini, tentunya kita bisa memecahkan rekor juga, serta saya bersama dengan jajaran dapat membuktikan bahwa imigrasi mampu melayani di hari minggu dan juga dengan ribuan paspor”, ucap Silmy Karim.

Silmy juga menjelaskan jika kegiata tersebut melayani pembuatan semua jenis paspor, baik paspor biasa, elektronik, maupun polikarbonat. Gelaran yang sama, kata Silmy, juga dilaksanakan di provinsi lainnya di Indonesia. “Kita selenggarakan di seluruh Indonesia, serupa, tapi yang pusatnya di sini. Jadi memberikan pelayanan di setiap ulang tahun (Imigrasi), kita berikan pelayanan ekstra untuk juga mengejar menumpuk-nya kuota permohonan,” tutur Silmy.

Kemeriahan Acara di Imigrasi Run 2024 yang diselenggarakan di kawasan Gelora Bung Karno pada Minggu, 28/1/2024 Dalam Rangka Memperingati HBI Ke-74 (Foto:dok)
Adapun pelayanan pembuatan paspor ini dibuka sejak pukul 06.00 hingga 15.00 WIB. Sementara,  pemohon pembuatan paspor dapat mendaftar secara online di aplikasi M-Paspor yang dibuka sejak Senin, 22 Januari 2024 lalu. "Tadi saya monitor sudah hampir 300 sampai saat ini yang dilayani. Ini akan dilaksanakan pelayanan sampai dengan jam 3 sore. Saya dengar juga yang mendaftar itu langsung habis satu hari satu jam. Luar biasa. Jadi kebanggaan bagi kita semua," kata Silmy.

Lebih lanjut Silmy juga mengungkapkan ayanan pembuatan paspor ini juga untuk mengurai antrean pembuatan paspor di Indonesia karena meningkatnya animo di masyarakat. Bahkan dia menyebut, rata-rata permohonan paspor di Indonesia setiap bulan-nya mencapai 400.000.

Kegiatan "Imigrasi Run 2024" yang diikuti Sebanyak 4.000 Pelari maupun Jalan Santai di Kawasan Gelora Bung Karno (Foto:dok)
"Karena kan memang antrean cukup panjang, karena yang berminat untuk mendapatkan paspor itu pascapandemi dan mungkin juga karena tren masyarakat milenial ataupun juga gen z. Setiap bulan itu permohonan paspor tidak kurang 400.000, sehingga antrean itu panjang," ujar dia.

Selain diadakannya kegiatan pelayanan pembuatan 1.074 Paspor di GBK, Ditjen Imigrasi juga menyelenggarakan kegiatan “Imigrasi Run 2024” dan Jalan Santai yang diikuti sebanyak 4.000 pelari maupun pejalan kaki.

"Kebahagiaan ini merupakan kebahagiaan kita semua, tadi juga penyelenggaraan daripada Imigrasi Run berjalan lancar sukses, peserta-nya cukup banyak, dan kita juga monitor tadi masyarakat bergembira juga dalam hal menunggu pelayanan paspor”, tutup Silmy. (ZIK/RN)


Posting Komentar

0 Komentar