Selama Masa PPKM Level 4, Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online APAPO Online di Nonaktifkan

 

Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Dengan berlanjutnya Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, untuk sementara penghentian pelayanan tatap muka di Kantor Imigrasi ikut diperpajang. Masyarakat pun ikut dihimbau untuk kembali mengondisikan mobilitasnya hingga 9 Agustus 2021.

Masih banyak yangbelum mengetahui bahwa penghentian sementara pelayanan keimigrasian tata muka juga berimplikasi pada Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO), Sementara ini, untuk kuota antrean paspor online ditiadakan.

Masyarakat yang membuka aplikasi tersebut akan mendapati keterangan bahwa untuk kuota antrean paspor penuh diseluruh kantor Imigrasi. Hal tersebut bukanlah kendala kesisteman, namun, penyesuaian yang dilakukan pada sistemnya.

Kepala Bagian Humas Dan Umum Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara menyampaikan bahwa selama di masa PPKM darurat ini, kantor imigrasi hanya membuka pelayanan paspor bagi WNI dengan kebutuhan mendesak.

“Sistem antrean online melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) saat ini ditutup sementara. Kepada pemohon paspor dengan kebutuhan mendesak seperti berobat ke luar negeri atau tujuan darurat lain kami persilakan datang langsung ke kantor imigrasi terdekat, " tuturnya.

Sementara ITU, Kepala Seksi Verifikasi Dokumen Perjalanan Wilayah III Ditjen Imigrasi, Imam Prawira, menjelaskan persyaratan pembuatan paspor tetap sama seperti sebelumnya. “Untuk pemohon paspor baru melampirkan KTP elektronik, KK, akte lahir atau ijazah atau buku nikah. Sedangkan untuk penggantian paspor, khusus paspor yang diterbitkan di dalam negeri setelah 2009, cukup membawa KTP elektronik dan paspor lama,” ujarnya dalam Talkshow “Immigration Talk” di Live Instagram Ditjen Imigrasi pada Selasa (27/07/2021).

Di samping itu, pemohon paspor yang sudah membayar dan belum mengambil paspor barunya tak perlu risau. Paspor tersebut dapat diambil setelah masa PPKM berakhir dan kantor imigrasi beroperasi normal. (TIM)


Posting Komentar

0 Komentar