Jaringan kerja JANGKAR ecovillage & Dinas Kebersihan Kabupaten Bekasi Adakan World CeanUp Day


Kab Bekasi, KORANTRANSAKSI.Com - Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi bersama beberapa lembaga, ormas, dan Masyarakat menggelar World CleanUp Day (WCD) dengan Tema Let’s Do it For Kab.Bekasi , bertempat di Pasar Bersih Jababeka.

 Acara yang di mulai sejak pukul 06 : 30 – 12 : 00 Wib , di isi dengan berbagai kegiatan , dari acara senam aerobic , sambutan sambutan , pengerahan peserta , pelaksanan aksi pungut sampah , pemilahan sampah , doa bersama dan penutup.

 Acara dihadiri pula oleh Kabid Dinas Kebersihan , Perwakilan Polres Metro Bekasi , Perwakilan Korem , Ketua DPC Lembaga Laskar NKRI ,Kab_Bekasi Dan Pegiat Pegiat lingkungan , Pengurus bak sampah , dan simpatisan masyarakat turut hadiri diacara tersebut.

Dalam Wawancara singkat dengan awak media Korantransaksi.com "Dodi Kepala Bidang Kebersihan Kabupaten Bekasi Megatakan bahwa acara ini serentak di lakukan di seluruh Dunia khususnya di Kabupaten Bekasi sesuai surat edaran Bupati yang sudah di terbitkan, Dodi menghimbau kepada seluruh warga masyarakat mari jadikan sampah sebagai sahabat dan harus kita benahi, bukan momok yang selama ini menjadi opini yang kurang baik.

Lanjut Dodi “dengan adanya moment acara seperti ini akan menambah kesadaran masyarakat Kabupaten Bekasi tentang kebersihan sesuai dengan moto Bekasi Baru Bekasi Bersih,” ucapnya.

Indra Jaya selaku Ketua Jaringan Kerja (Jangkar) Ecovillage Kabupaten Bekasi memaparkan kepada awak media “Alhamdulillah Jangkar Ecovillage Kabupaten Bekasi yang berdiri sejak tahun 2017 , dengan program dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat , tahun ini sudah ada kemajuan dengan jumlah 10 Desa dari tahun 2017 hanya 6 Desa yang bergabung dengan Ecovillage.”


Indra juga menambahkan acara ini serentak di lakukan oleh 157 negara termasuk Indonesia, kami dari tingkat kabupaten berharap semoga tahun ini Kabupaten Bekasi dapat meraih penghargaan Relawan Pegiat Sampah terbanyak Ecovillage khususnya di Jawa barat, yang di wakili oleh beberapa desa yang tergabung.

Abdilah Iman Syah selaku ketua panitia “mengucapkan terimakasih kepada para pegiat sampah yang hadir, jumlah peserta tahun ini yang hampir kurang lebih tercatat 574 peserta turut memeriahkan acara ini,” pungkasnya.

“Semoga pemerintah lebih memperhatikan lagi para pegiat sampah ini , apa lagi bisa menganggarkan kegiatan tersebut, karena ini mencakup juga dengan bank sampah yang merupakan binaan DLH”

“Yang berpungsi memilah sampah organik dan non-organik agar di manfaatkan,bank sampah ini merupakan edukasi warga untuk memilah sampah mana yang bisa di pergunakan kembali dengan di daur ulang , dan sampah organik bisa di manfaatkan untuk menjadi pupuk dan sebagainya.”Ujarnya Abdilah.

Abdilah juga menambahkan “dengan menggandeng masyarakat dari berbagai pihak dan latar belakang, World CleanUp Day bersama Jangkar Ecovillage Kabupaten Bekasi di harapkan menjadi momentum persatuan untuk semua orang berbuat baik untuk lingkungan.” tutupnya. (Sgd)


Comments

Popular posts from this blog

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

SMUN 10 KOTA TANGSEL BANGUN MASJID AL-MUHAJIRIN