Direspons UKM Tembus Pasar Global

Pengawasan produk UKM.
TANGSEL, KORANTRANSAKSI.com - Program Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) membawa Usaha Kecil Menengah (UKM) menembus pasar global mendapat dukungan dari pihak DPRD Tangsel. Pertumbuhan UKM saat ini sangat pesat dengan tumbuhnya berbagai varian industri kreatif.
Menurut Ketua Komisi II DPRD Kota Tangsel, Bambang Triyadi, pihaknya sangat mendukung upaya membuat produk UKM Kota Tangsel mampu menembus pasar global. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Tangsel akan semakin meningkat. “Kami sangat mendukung upaya seperti ini, membawa produk kita tembus ke pasar global,” ungkapnya.
Bambang juga mengatakan, berbagai pelatihan yang digelar dinas terkait dianggap cukup untuk memberikan pembekalan. Sekarang tinggal bagaimana para pelaku UKM ini mampu membaca pasar global saat ini kondisinya seperti apa. “Tentunya kita juga harus mampu membaca pasar global seperti apa, agar produk yang kita buat dan kita hasilkan ini mampu laku di pasar global, bahkan sangat laku,” katanya.
Anggota Komisi II Eeng Sulaiman juga berpendapat serupa. Menurutnya, dari beberapa kasus krisis ekonomi yang terjadi hanya UKM yang mampu menyelamatkan perekonomian. Sehingga pengembangan UKM di Kota Tangsel dianggap sangat penting. Terlebih lagi menurut Eeng, Tangsel yang dikenal sebagai kota bisnis dan jasa, masyarakatnya memang harus memiliki keahlian seperti UKM dan industri kreatif lainnya untuk berbisnis.
“Tangsel ini adalah kota jasa dan bisnis, jadi masyarakatnya juga harus mampu berbisnis dengan cara aktif menjadi pelaku UIKM atau industri kreatif agar tidak hanya pengembang besar saja yang masuk dan berbisnis di Tangsel, sementara kita hanya jadi penonton. Makanya kami sangat mendukung apapun untuk mengembangkan dan membesarkan UKM di kota kita ini,” ujarnya.
Dia juga berharap, dengan keseriusan para pelaku UKM dan juga pemerintah, maka UKM Kota Tangsel benar-benar mampu menembus pasar global. “Mudah-mudahan saja ini semua bisa terwujud, dan juga mampu membuat perekonomian Tangsel makin maju,” tambahnya.
Sementara itu Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Dahlia Nadeak mengatakan, saat ini pun sudah ada beberapa pelaku UKM yang tembus pasar global, tinggal ke depannya akan dilakukan pembekelasan secara menyeluruh kepada UKM yang memang dianggap produknya mampu tembus pasar global.

“Untuk tembus pasar global kan ada hitungan jumlah produksi, dan jenis produknya. Nah ini yang akan kami terus dorong agar Tangsel mampu menjadi contoh daerah lainnya,” pungkasnya. Pihaknya terus melakukan pendataan terhadap pelaku UKM dan juga industri kreatif rumahan yang ada di Kota Tangsel. Ini dilakukan untuk memberikan bantuan agar pertumbuhan UKM terus meningkat. (odjie/TP/dra)***

Comments

Popular posts from this blog

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

SMUN 10 KOTA TANGSEL BANGUN MASJID AL-MUHAJIRIN