Kebun Sayur dan Apotik Hidup P2WKSS di Ciputat Timur Tidak Terawat

Apotek Hidup
Apotek Hidup. (Ilustrasi)
TANGSEL, KORANTRANSAKSI.com - Kota Tangsel beberapa waktu silam menggelar berbagai acara, diantaranya sosialisasi Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Acara yang dilangsungkan di kantor-kantor Kecamatan dan kelurahan ini awalnya mendapat perhatian masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga. Sementara untuk kegiatan menanam komoditi sayuran dan apotik hidup, memanfaatkan lahan-lahan yang selama ini ditelantarkan. Seperti di Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, kegiatan P2WKSS memanfaatkan lahan kosong fasum-fasos tanah Pertamina. Demikian juga di Pondok Aren dan kecamatan lainnya.
Menurut pengamatan, kegiatan P2WKSS merupakan bentuk peningkatan peranan wanita, khususnya pemberdayaan kaum perempuan. Mereka berupaya melakukan pengembangan lewat berbagai program agar kaum ibu lebih kreatif dalam peningkatan peran ekonomi. Misalnya melakukan wirausaha yang bisa membantu peningkatan perekonomian suami dengan tujuan peningkatan kesejahteraan keluarga.
Diharapkan dengan pembinaan tersebut apa yang mereka usahakan akan berkembang pesat. Diharapkan juga bisa memberikan dampak yang positif bagi lingkungan demi pemerataan ekonomi yang berjalan seirama. “Mereka bisa mengembangkan bermacam usaha, mulai dari penanaman sayuran seperti cabe, tomat, dll serta keterampilan berupa kerajinan tangan dan pengembangan usaha warung kelontong atau toko,” kata kalangan masyarakat setempat.
Namun sangat disayangkan, kalau gebrakan kegiatan-kegiatan tersebut, hanya pada awalnya saja. Acara yang dibuka dan bersifat seremonial dengan menghadirkan kalangan pejabat setempat, hanya merupakan gebrakan momentum tertentu. Akibatnya, apa yang telah dihasilkan oleh masyarakat kaum ibu yang jadi subyek, hanya bersifat temporer, lambat-laun tidak terawat, tidak dibina secara terus-menerus dan akhirnya terlupakan.
Sementara itu, awak media yang lakukan pengecekan ke sebuah lokasi kebun sayuran dan apotik hidup di sebuah kelurahan di Ciputat Timur, menemui kebun itu terkesan terbengkalai, tidak terurus dan tidak terawat. (007)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola