Jhonpriadi : Th 2019 Kementerian PUPR Kucurkan Dana 4 M Untuk Pengembangan Kawasan Budaya dan Pariwisata Situs Cagar Budaya Makam Syech Burhanuddin Ulakan Padangpariaman


Padang Pariaman, KORANTRANSAKSI.Com - Perkembangan infrastruktur di kab. Padang Pariaman memang sedang giat berjalan, hal itu telah sinkron dengan kebijakan nawacita yang didengungkan pemerintahanJokowi - JK. Dari segi pembangunan ini memiliki sisi positif  untuk memacu terhadap perkembangan /kemajuan di segala bidang, baik itu dari segi ekonomi, sosial, pendidikan, budaya dan lain-lain untuk peradaban manusia menuju taraf hidup yang lebih baik. 

Di Padang Pariaman dari aspek budaya dan pariwisata  Ulakan Tapakis memililki Situs Cagar Budaya Makam Syekh Burhanuddin.  Kawasan ini merupakan daerah pantai yang memang memang menjadi salah satu fokus untuk dikembangkan, namun wisata religius yang terletak di Kecamatan Ulakan Tapakis juga memiliki nilai kebudayaan tersendiri untuk dilirik. Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni sangat serius dan fokus dalam mengembangkan sektor pariwisata . 

Lingkungan Kawasan Situs ini lah pihak pemerintah setempat berupaya untuk melakukan  pengembangan Kawasan Wisata Religi pada Makam Syekh Burhanuddin dengan pemberdayaan masyarakat di Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan sebagai salah satu alternatif mata pencaharian. Dengan melibatkan partisipasi masyarakat dikawasan itu agar dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baru-baru ini, pihak pemerintah menggelar pertemuan dengan masyarakat setempat terkait dengan pengembangan kawasan makam Syekh Burhanuddin Manggopoh Palak Gadang Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis.

Pertemuan dan sosialisasi dipimpin langsung oleh Sekdakab Padang Pariaman, Jonpriadi dan didampingi oleh pimpinan OPD terkait yakni, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Dinas Pekerjaan Umum serta Inspektorat setempat.

Sekdakab, Jhonpriadi mengapresiasi sikap masyarakat yang mendukung sepenuhnya pelaksanaan pembangunan kawsan Makam tersebut.

“Kami atas nama pemerintah daerah sangat berterimaksih kepada seluruh komponen masyarakat Ulakan Tapakis yang telah mendukung program pemerintah, terutama dalam pengembangan kawasan Makam Syekh Burhanuddin ini,” kata Jhonpriadi pada saat sosialisasi pengembangan kawasan Makam Syekh Burhanuddin di Surau Genteng Komplek Makam Syekh Burhanuddin, Selasa, (10/9).

Untuk pengembangan kawasan itu, kata Jhonpriadi, pihaknya dapat kucuran dana dari pihak Kementerian PUPR senilai 4 miliyar untuk tahap pertama dari dana APBN tahun 2019. Dana sebesar itu akan digunakan untuk pembangunan ‘Los Lambuang’ atau warung kuliner sebanyak 3 (tiga) unit dengan ukuran 15×33 m.

Terkait dengan hal itu, kata dia, pihak pemerintah sangat perlu mengadakan pertemuan itu dengan semua elemen masyrakat agar pengembangan kawasan itu dapat terlaksana.

“Pembangunan tahap 1 dimulainya rehabilitasi pasar Rabaa Nagari Mangopoh Palak Gadang,” ujarnya.

Sabri, dt. Bandaro mewakili nagari mengatakan, Makam Syekh Burhanuddin sejak tahun 2012 sudah  ada rencana pengembangan dan penataan kawasan seluas 11,6 Ha. Dalam penantian yg cukup panjang, rencana itu baru dapat terwujud pada tahun ini. Mudah-mudahan proses pemindahan dan relokasi dapat berjalan dengan baik sesuai keinginan kita bersama,” ujarnya.

Nagari Ulakan berada di Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, telah lama dikenal sebagai kawasan pusat pengembangan agama Islam di wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya, salah satu kegiatan yang terkenal yakni ber-Syafar (dalam Bahasa Minang disebut basafa). Basafa, berupa kunjungan ziarah ke Kawasan Makam Syekh Burhanuddin sebagai Ulama Besar Syatariah.

Terkait dengan pembangunan itu dapat dilaksanakan setelah acara Basafa.  “masyarakat meinginkan pelaksanaan pembangunan dapat dimulai setelah acara basafa, agar kegiatan basafa yg merupakan kunjungan ziarah makan dan terjadinya transaksi jual beli yg cukup signifikan yg mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat Manggopoh palak gadang Ulakan khususnya dan kabupaten Padang Pariaman secara umum,”tambahnya.(Fera)

Posting Komentar

0 Komentar