Ketua Satgas Saber Pungli: Rp50 Ribu Juga Akan Kami Proses

Ketua Tim Saber Pungli Kab Malang saat memberikan sambutan.
MALANG, KORANTRANSAKSI.com - Sarasehan yang di gelar oleh MMC (Malang Media Comunity) dalam rangka HPN ( hari pers nasional) 2017 di Kab Malang yang mengambil tema peran pers kita tingkatkan transparansi pendidikan yang berpihak pada masyarakat. Adapun narasumber yang menjadi pembicara, Ketua Tim Saber Pungli Kab Malang Kompol Deky Hermasyah (Wakapolres Malang), Irawan ketua PWI (persatuan wartawan Indonesia) malang raya dan dari akademisi.
Ketua Tim Saber Pungli Kab Malang yang didapuk menjadi pembicara pertama, menjelaskan secara detail aturan-aturan soal mekanisme apa itu pungli dan apa saksi hukuman yang akan diganjar kepada pelaku pungli. Deky juga menyinggung keterkaitan peran pers dalam pungli tersebut, karena pelaku atau oknum pungli itu tidak hanya melibatkan masyarakat dengan instansi pemerintah tapi juga melibatkan oknum wartawan dengan instansi pemerintah.
Kasus yang sering terjadi di lapangan, jelas Deky, seorang oknum wartawan mendatangi desa entah ke kepala desa maupun ke perangkat desa yang menanyakan program anggaran dana desa dan dana desa yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah.
“Namun seusai interaksi oknum wartawan meminta sejumlah uang entah kecil maupun besar, kemudian pihak desa melaporkan perihal itu kepada tim kami. Jelas dan pasti kami tangkap dan diproses. Untuk itulah saya himbau kepada rekan-rekan media maupun institusi mulai tingkat desa sampai tingkat kota/kab jangan coba-coba ada pungli. Pasti ada sanksi hukum, walaupun Rp50 ribu pasti diproses,” tegasnya.
Tidak hanya perangkat desa, lanjut Deky, sekolahan juga banyak pungli yang dilakukan oknum sekolah dengan menarik sumbangan yang seharusnya tidak ada aturan yang mewajibkan menarik sumbangan. “Dan pers menemukan data itu maka terjadilah kongkalikong antara oknum pers dan oknum sekolah, ini kejadian tidak baik, dan harus dilaporkan. Kami tim saber pungli siap menampung dan merahasiakan identitas saudara-saudara atas informasi tersebut,ujar Deky.
Ketua PWI Malang Raya yang menjadi pembicara kedua, menyoroti peranan pers dalam pembanguanan di daerah. Karena banyak ditemukan oknum wartawan yang melakukan pemerasan terhadap instansi pemerintah, baik itu desa, kecamatan dan Kabupaten. “Saat ini juga banyak sekali yang mengaku wartawan tapi tidak memiliki dan mengetahui kode etik wartawan,” terangnya.
Untuk itu, Ketua PWI Malang Raya berharap keberadaan MMC ini harus memberikan peranan penting dan memberikan informasi yang benar tentang kode etik jurnalistik dan wartawan karena selama ini masih banyak berkeliaran wartawan wartawan bodrek yang pekerjaannya menakuti dan memeras.
Mudah mudahan MMC wadah wartawan yang berintegritas dan berwawasan serta memiliki kode etik jurnalistik dan mengemban amanah UU pers,” pungkas Irawan. (Nes/Gus)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,23,Headline,85,Hibura,1,Hiburan,55,Hukum,77,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,150,Musik,15,Nasional,265,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,2,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,5,Televisi,13,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,96,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,53,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,67,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,57,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,8,Trans Sumsel,16,Trans Sumut,7,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,76,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Ketua Satgas Saber Pungli: Rp50 Ribu Juga Akan Kami Proses
Ketua Satgas Saber Pungli: Rp50 Ribu Juga Akan Kami Proses
Sarasehan yang di gelar oleh MMC (Malang Media Comunity) dalam rangka HPN ( hari pers nasional) 2017 di Kab Malang yang mengambil tema peran pers kita tingkatkan transparansi pendidikan yang berpihak pada masyarakat. Adapun narasumber yang menjadi pembicara, Ketua Tim Saber Pungli Kab Malang Kompol Deky Hermasyah (Wakapolres Malang), Irawan ketua PWI (persatuan wartawan Indonesia) malang raya dan dari akademisi.
https://2.bp.blogspot.com/-yIzZCcdROPE/WKJ22PdBe6I/AAAAAAAADgg/Z8acaOatBGE1QlTxnjwSgib6F5qn1RT5ACLcB/s1600/Ketua-Tim-Saber-Pungli-Kab-Malang-saat-memberikan-sambutan..jpg
https://2.bp.blogspot.com/-yIzZCcdROPE/WKJ22PdBe6I/AAAAAAAADgg/Z8acaOatBGE1QlTxnjwSgib6F5qn1RT5ACLcB/s72-c/Ketua-Tim-Saber-Pungli-Kab-Malang-saat-memberikan-sambutan..jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/02/ketua-satgas-saber-pungli-rp50-ribu-juga-akan-kami-proses.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/02/ketua-satgas-saber-pungli-rp50-ribu-juga-akan-kami-proses.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin