Tangsel Jadi Pelopor Smart Village

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany foto bersama Sekda Kota Tangsel Muhammad dan Lurah Pondok Ranji Mukroni dan jajarannya saat peresmian desa cerdas.
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany foto bersama Sekda Kota Tangsel Muhammad dan Lurah Pondok Ranji Mukroni dan jajarannya saat peresmian desa cerdas.
TANGSEL, KORANTRANSAKSI.com – Desa Cerdas atau Smart Village merupakan program untuk memajukan masyarakat Indonesia terutama di desa tertinggal. Pembangunan Desa Cerdas yang merupakan salah satu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) ini dipelopori oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Hal ini dibuktikan dengan peresmian desa cerdas gagasan Pergerakan Indonesia Maju (PIM) di Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel, Kamis (26/1/2017).
Peresmian desa cerdas yang juga menjadi pelopor bagi desa-desa lainnya di Indonesia ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang diwakilkan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Tiga menteri tersebut melakukan penandatanganan prasasti peluncuran Smart Village yang berlangsung sederhana di aula yang diubah fungsinya menjadi rumah cerdas itu.
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, Tangsel ditunjuk untuk menjadi Smart Village, karena Tangsel sudah layak mendukung program ini. “Kota Tangsel menjadi pelopor desa-desa lainnya, khususnya Kelurahan Pondok Ranji yang ditunjuk sebagai Smart Village (desa cerdas),” katanya.
Walikota Tangsel juga mengucapkan terima kasih kepada PIM atas penunjukkan Desa Pondok Ranji sebagai desa pertama program Smart Village.
Sekda Kota Tangsel Muhammad dan Lurah Pondok Ranji Mukroni disela-sela acara peresmian Smart Village.
Ketua Kelompok Kerja Smart Village Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu dari tiga program unggulan Pergerakan Indonesia Maju (PIM). Diantaranya, yakni Smart Village, desa mandiri energi dan rumah aladin (atap lantai dinding)
Kelurahan Pondok Ranji dipilih sebagai desa pertama Smart Village PIM karena posisinya berada diantara kondisi kedesaan (rural) dan kekotaannya (urban). Selain itu juga karena Pemerintah Kota Tangerang Selatan membantu sepenuhnya pelaksanaan program ini,” terangnya.
Dalam acara itu, Ketua PIM Prof. Dr. Din Syamsudin menerangkan bahwa program Smart Village sepenuhnya merupakan gerakan dari bawah. PIM yang mengusung, prinsipnya kemanusiaan, keberagaman, dan kebersamaan,” tandasnya.
Din Syamsudin meyakini bahwa kemajuan bangsa Indonesia akan dapat dicapai jika kita yang berbeda-beda dan beragam dapat bersatu dan bersama-sama bergerak. “Melalui smart Village kita gerakkan semua sumber daya yang ada, dan bekerja sama secara sistematis melalui proses pendataan, pelayanan, dan pemberdayaan,” terangnya.
Selain tiga menteri, hadir juga para pimpinan Pergerakan Indonesia Maju, para pejabat Kota Tangsel, tokoh nasional, tokoh masyarakat, para alim ulama, akademisi dan aktivis masyarakat yang peduli dengan pembangunan desa. Acara peresmian dimeriahkan dengan tradisi khas betawi yaitu palang pintu dan beberapa tarian yang sangat menghibur. (Okta)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,22,Headline,85,Hibura,1,Hiburan,53,Hukum,77,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,150,Musik,15,Nasional,265,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,2,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,5,Televisi,12,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,95,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,53,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,67,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,57,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,8,Trans Sumsel,16,Trans Sumut,7,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,75,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Tangsel Jadi Pelopor Smart Village
Tangsel Jadi Pelopor Smart Village
Desa Cerdas atau Smart Village merupakan program untuk memajukan masyarakat Indonesia terutama di desa tertinggal. Pembangunan Desa Cerdas yang merupakan salah satu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) ini dipelopori oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).
https://3.bp.blogspot.com/-Nn7-FZDsoNE/WJAljD8hUrI/AAAAAAAADYU/Gq4nT2Ip7j464-uS3Wybh7JdAZjBAUEogCLcB/s1600/Walikota-Tangsel-Airin-Rachmi-Diany-foto-bersama-Sekda-Kota-Tangsel-Muhammad-dan-Lurah-Pondok-Ranji-Mukroni-dan-jajarannya-saat-peresmian-desa-cerdas.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Nn7-FZDsoNE/WJAljD8hUrI/AAAAAAAADYU/Gq4nT2Ip7j464-uS3Wybh7JdAZjBAUEogCLcB/s72-c/Walikota-Tangsel-Airin-Rachmi-Diany-foto-bersama-Sekda-Kota-Tangsel-Muhammad-dan-Lurah-Pondok-Ranji-Mukroni-dan-jajarannya-saat-peresmian-desa-cerdas.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/01/tangsel-jadi-pelopor-smart-village.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/01/tangsel-jadi-pelopor-smart-village.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin