Pemkot Pagaralam Urai Persoalan Pembebasan Lahan

Rakor terkait pembebasan lahan.
Rakor terkait pembebasan lahan.
PAGARALAM, KORANTRANSAKSI.com - Pembebasan lahan terkait pengerjaan sejumlah proyek besar di Kota Pagaralam bakal menjadi persoalan jika tidak ditangani dengan serius. Betapa tidak, dari hasil pertemuan dengan sejumlah pihak di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kota Pagaralam, belum lama ini, masih ada beberapa kendala untuk menuntaskan kesepakatan ganti rugi antara Pemkot Pagaralam dengan pemilik lahan (warga).
Menyikapi hal tersebut, Assisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kehumasan Kota Pagaralam H. Syafrani mengatakan, bahwa di lapangan masih cukup banyak persoalan sengketa lahan (pembebasan) menjadi kendala program pembangunan. “Kita minta melalui SKPD yang baru terbentuk yang membidangi pertanahan untuk segera menyelesaikannya,” kata dia.
Selama ini, lanjutnya, pendataan dilakukan oleh sejumlah satker terkait, misalnya Dinas PU. Salah satunya untuk pembenasan lahan Irigasi atau lainnya. Sekarang sudah ada SKPDnya (Dinas PRKPP). Instansi ini bertugas melakukan pendataan secepatnya. Harus pasang target di tahun ini, harus ada scedule kerjanya di tahun ini lahan yang dibebaskan untuk segera disertifikasi karena menyangkut kepentingan umum,” tegasnya.
“Jika lahannya bermasalah bagaimana pengerjaan fisik bisa jalan,” ungkap Syafrani saat rakor pembahasan pertanahan bersama Badan Pertanahan, camat dan lurah.
Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, A Parliansyah ST MM menambahkan, pertemuan ini merupakan rakor pembahasan status lahan terkait program pembangunan dan asset Pemkot Pagaralam. Yang mana, kondisi di lapangan masih cukup banyak ditemui yang belum disertifikatkan.
“Pada kesempatan ini, bersama satker lainnya dilakukan pembahasan, untuk dilakukan inventarisir lahan, pendataan tanah, juga recana pengadaan lahan. Termasuk persoalan tanah di Pagaralam,” katanya seraya mengatakan bahwa di tahun ini untuk menyelesaikan pembebasan lahan untuk jalan lingkar timur dan daerah Irigasi Lematang di 2017 akan dianggarkan sekitar Rp15 miliar.
Ditambahkan Kadis PU dan Penataan Tata Ruang Kota Pagaralam, Hariadi Razak melalui Kabid Bina Marga, Adriansyah mengatakan, untuk penyelesaian pembebasan lahan perlunya koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk dari Badan Pertanahan. Hal ini dilakukan untuk mengakuratkan ukuran luas di lapangan.
“Pengerjaan jalan lingkar timur misalnya, dari 150 persil yang harus diganti rugi baru sekitar 65 persil yang sudah diselesaikan. Di lokasi lain, Simpang Manak-Tanjung Payang, Simpang Padang Karet-Tinggi Hari. Termasuk, pembebasan liku lematang yang belum rampung dikarenakan belum ada kesepakatan harga dikarenakan ada tanam tumbuh,” beber dia. (Mirwansyah)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,23,Headline,85,Hibura,1,Hiburan,55,Hukum,77,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,150,Musik,15,Nasional,265,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,2,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,5,Televisi,13,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,96,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,53,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,67,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,57,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,8,Trans Sumsel,16,Trans Sumut,7,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,76,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Pemkot Pagaralam Urai Persoalan Pembebasan Lahan
Pemkot Pagaralam Urai Persoalan Pembebasan Lahan
Pembebasan lahan terkait pengerjaan sejumlah proyek besar di Kota Pagaralam bakal menjadi persoalan jika tidak ditangani dengan serius. Betapa tidak, dari hasil pertemuan dengan sejumlah pihak di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kota Pagaralam, belum lama ini, masih ada beberapa kendala untuk menuntaskan kesepakatan ganti rugi antara Pemkot Pagaralam dengan pemilik lahan (warga).
https://4.bp.blogspot.com/-qaNre0U8Iqg/WJAZY5C_hEI/AAAAAAAADXE/1SUXtFKThHUtq0n_cm0dKf1N0Ocugt8uwCLcB/s1600/Rakor-terkait-pembebasan-lahan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-qaNre0U8Iqg/WJAZY5C_hEI/AAAAAAAADXE/1SUXtFKThHUtq0n_cm0dKf1N0Ocugt8uwCLcB/s72-c/Rakor-terkait-pembebasan-lahan.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/01/pemkot-pagaralam-urai-persoalan-pembebasan-lahan.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/01/pemkot-pagaralam-urai-persoalan-pembebasan-lahan.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin