Film Iqro, Satukan Isu Anak, Sains dan Religi

JAKARTA, KORANTRANSKASI.com - Dengan mengangkat tema anak, religi dan ilmu pengetahuan, Film Iqro: Petualangan Meraih Bintang menjadi film pertama yang diproduksi sebuah Masjid di Indonesia, sekaligus menandai debut Iqbal Alfajri sebagai sutradara film. Film ini diproduksi oleh Masjid Salman ITB bersama dengan Salman Film Academy dan Chanex Ridhall Pictures.
Film berdurasi 97 menit yang dirilis 26 Januari 2017 ini diharapkan menjadi film alternatif bagi penonton indonesia khususnya anak-anak dan keluarga. Dengan pesan religius yang terkandung di dalamnya, film ini bisa menjadi tontonan yang mendidik bagi anak-anak Indonesia.
CEO Chanex Ridhall Pictures sekaligus Produser Eksekutif Film Iqro, Rosa Rai Djalal, menuturkan bahwa film ini adalah upaya bagi Chanex Ridhall Pictures untuk membuat sebuah konten yang menggabungkan isu anak, sains dan religi sekaligus.
“Saat ini kita tahu bahwa tiap anak perlu dibekali sains dan agama secara seimbang. Oleh karena itu, kami menciptakan sebuah karya yang menggabungkan aspek pengetahuan alam, dunia anak, dan religi secara universal. Saya ingin membuat materi yang bisa menjadi pembelajaran bagi kita bersama tetapi yang terpenting, kami tidak menggurui,” kata Rosa dalam rilisnya.
Mengambil setting di Peneropongan Bintang Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, film ini menceritakan tentang Aqila (9) yang diperankan oleh Aisha Nurra Datau yang sangat gandrung pada sains namun kurang punya minat belajar Al Qur’an. Aqila memiliki seorang kakek yang diperankan aktor senior Cok Simbara, berprofesi sebagai astronom dan tinggal di Pusat Peneropongan Bintang Boscha.
Aqila bermaksud membuat tugas sekolahnya yang berhubungan dengan astronomi, Kakeknya memberi izin pada Aqila untuk menggunakan teropong bintang di Boscha untuk menyelesaikan tugasnya, namun dengan satu syarat: Aqila harus bisa membaca Al Qur’an. Aqila menyanggupinya.
Saat di rumah kakeknya Aqila bertemu Ros, anak dari seorang pembantu di sana. Ros mengajaknya bermain di sebuah masjid.  Di masjid inilah Aqila belajar membaca Al Qur’an dengan metode Iqro, yang fun, berirama dan dibawakan secara ringan
Pengalaman Aqila belajar Al Qur’an dan teladan dari kakeknya Inilah yang  menggugah mata hatinya, tentang kebesaran Allah SWT yang menciptakan alam semesta.
Film ini dibintangi oleh Aisha Nurra Datau, Cok Simbara, Neno Warisman, Raihan Khan, Meriam Bellina, Mike Lucock, serta bintang-bintang lainnya. Film ini diharapkan mampu mengajak generasi muda, khususnya umat Islam, untuk lebih mencintai Alquran. (Suryati)

Posting Komentar

0 Komentar