Indonesia Prioritaskan Penempatan TKI Di Luar Negeri Pada Sektor Formal

Menaker M. Hanif Dhakiri dan Menaker Abdullah Saleh Mubarak.
BANDUNG, KORANTRANSAKSI.com - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) menegaskan akan memprioritaskan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) skilled untuk bekerja di luar negeri. Hal ini dilakukan agar TKI mendapatkan jaminan akan kerja layak berikut hak-haknya serta mendapatkan kepastian dalam perlindungan dan jaminan sosial.

Hal ini ditegaskan Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Tenaga Kerja dan Urusan Sosial Qatar Abdullah Saleh Mubarak al-Khulaifi di sela-sela pelaksanaan The 16th Asia and the Pacific Regional Meeting (APRM) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Rabu (7/12/2016).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Indonesia terus mendorong peningkatan kompetensi TKI agar lebih mudah terserap ke lapangan kerja, baik di dalam maupun di luar negeri pada sektor formal. Pada ranah penempatan di luar negeri, Kemnaker juga mendukungnya dengan menjalin bilateral dengan negara-negara penempatan melalui berbagai kerja sama, termasuk kerja sama dengan Qatar.

"Mengingat kesempatan kerja di Qatar untuk skilled and professional workers terbuka di sektor migas, konsultan, telekomunikasi, tenaga kesehatan dan perhotelan serta restoran. Kami, Pemerintah Indonesia, mengajak Pemerintah Qatar untuk berinvestasi," ujar Menaker pada kesempatan tersebut.

Investasi sebagaimana dimaksud adalah investasi pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan adanya SDM yang terlatih, kompeten, dan tersertifikasi maka hal tersebut merupakan bagian dari aset bagi negara yang membutuhkan tenaga kerja terampil.

Hal ini sesuai dengan fokus Pemerintah Indonesia untuk mendorong penempatan TKI di luar negeri agar lebih terserap pada sektor-sektor formal.

"Kita concern untuk menempatkan tenaga kerja yang skilled worker," ungkap Direktur Perluasan Pasar Kerja Kemnaker Roosmiawati.

Dalam pertemuan bilateral dengan delegasi Qatar tersebut, disampaikan juga tentang adanya perubahan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan di Negara Qatar. Perubahan tersebut terjadi pada peraturan perundang-undangan untuk sektor domestic worker. Hanya saja, Roosmiawati kembali menekankan bahwa Indonesia saat ini lebih memprioritaskan untuk penempatan TKI pada sektor formal.

"Oleh karenanya, kedua belah pihak memahami perubahan-perubahan yang terjadi di ketenagakerjaan," jelas Roosmiawati.

Sebelumnya, Menteri Hanif juga melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi Kementerian Tenaga Kerja Palestina. Rombongan delegasi yang dipimpin langsung oleh Menteri Tenaga Kerja Palestina Mamoun Abu Shahla tersebut diisi dengan sharing perkembangan ketenagakerjaan Indonesia dan kondisi ketenagakerjaan di Palestina. Atas pertemuan tersebut, Indonesia sangat mendukung perkembangan ketenagakerjaan di Negara Palestina. (RZ/Rel)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,96,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,284,NCW,1,Nusantara,19,Opini,14,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,69,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,19,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Indonesia Prioritaskan Penempatan TKI Di Luar Negeri Pada Sektor Formal
Indonesia Prioritaskan Penempatan TKI Di Luar Negeri Pada Sektor Formal
https://4.bp.blogspot.com/-fVHJ86YXizc/WE-KRa0uuII/AAAAAAAACgk/K22ueHsxZg0klfnDij2uTN1k1HuQdW4aACLcB/s1600/indonesia-qatar.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-fVHJ86YXizc/WE-KRa0uuII/AAAAAAAACgk/K22ueHsxZg0klfnDij2uTN1k1HuQdW4aACLcB/s72-c/indonesia-qatar.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/12/indonesia-prioritaskan-penempatan-tki.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/12/indonesia-prioritaskan-penempatan-tki.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin