DPRD Tegaskan, Kontraktor Dan SKPD Harus Tanggung Jawab

Saluran irigrasi nampak ambrol.
MALANG, KORANTRANSAKSI.com - Ambrolnya proyek Dinas Pengairan Kabupaten Malang belum lama ini, yakni peningkatan saluran irigasi Sumber Kutuk, Kecamatan Gedangan jadi sorotan publik hingga DPRD dan LSM Prodesa. Kerusakan saluran tersebut, disinyalir karena buruknya kinerja para rekanan dan kurangnya pengawasan dari pihak terkait yaitu satker, hingga menjadikan proyek yang menelan dana ratusan juta tersebut, baru beberapa bulan usai pembangunan sudah ambrol.
Direktur pelaksana proyek yakni, CV Banyu Mili, saat dimintai keterangan, berdalih dengan barbagai macam alasan. Menurut IR, kalau proyek tersebut masih dalam tahap pemeliharaan. "Itukan masih dalam tahap pemeliharaan jadi itu tanggung jawab CV," jelasnya.
Ketika ditanya mengenai kualitas proyek tersebut, dirinya dengan tegas mengatakan kalau yang berhak menegur masalah kualitas kerja adalah konsultan pengawas. "Yang berhak menegur itu konsultan pengawas mas,” kilahnya.
Namun ada yang aneh dalam permasalahan ini. Direktur CV Banyu Mili berinisial IR itu, ketika mengatakan dalam pesan singkatnya (sms), kamis lalu, kalau penanggung jawab dalam pengerjaan proyek tersebut bukan dia, melainkan pihak lain yang berinisial SN. Padahal sudah jelas yang tercantum pada plang papan nama proyek adalah miliknya. "SN yang mengerjakan dan sebagai penanggung jawab mas,” terang IR.
IR juga mengatakan sebenarnya proyek tersebut bukan miliknya. "Asline itu proyek pak SN,” bebernya.
Terkait hal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko menegaskan, pihak kontraktor atau pemenang tender proyek tersebut dan SKPD harus bertanggung jawab. Jangan sampai lempar tanggung jawab. "Pihak kontraktor harus bertanggung jawab, jangan lempar tanggung jawab,” jelas Hari.
"Kami tidak mau tau ada alasan apapun yang tidak masuk akal, apalagi pihak pemenang tender sampai mengatakan kalau itu bukan proyek miliknya, itu sangat tidak masuk di akal,” tegas ketua DPRD Kab Malang Hari Sasongko, Kamis lalu saat ditemui di ruang kerjanya usai paripurna.
"Nanti saya instruksikan kepada komisi D, agar mengagendakan dan secepatnya sidak ke lokasi tersebut,” pungkas Hari.
Terpisah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Prodesa, Khusaeri menjelaskan, dirinya juga selama ini geram dengan banyaknya temuan di lapangan terkait pengerjaan proyek yang amburadul. Dia juga mengatakan, akan membuat laporan dan terus mengawal hingga ke jalur hukum, atas dasar temuan pengerjaan proyek saluran irigasi Sumber Kutuk yang terletak di Kecamatan Gedangan tersebut.
"Saya juga geram melihat kinerja para kontraktor yang amburadul. Nanti saya akan buat laporan ke Kejaksaan dan terus mengawal, terkait proyek yang dikerjakan CV Banyu Mili itu,” pungkas Khusaeri. (Nes)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,88,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,78,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,280,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,3,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,6,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,66,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,18,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: DPRD Tegaskan, Kontraktor Dan SKPD Harus Tanggung Jawab
DPRD Tegaskan, Kontraktor Dan SKPD Harus Tanggung Jawab
https://1.bp.blogspot.com/-kZQCYT5fxJk/WE--t467YBI/AAAAAAAAChM/bq8Q97JMrREI5O-_324RjDZIseEresfFwCLcB/s1600/Saluran-irigrasi-nampak-ambrol..jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kZQCYT5fxJk/WE--t467YBI/AAAAAAAAChM/bq8Q97JMrREI5O-_324RjDZIseEresfFwCLcB/s72-c/Saluran-irigrasi-nampak-ambrol..jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/12/dprd-tegaskan-kontraktor-dan-skpd-harus.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/12/dprd-tegaskan-kontraktor-dan-skpd-harus.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin