Menhub Targetkan Kereta Bandara Adi Soemarmo Beroperasi 2018

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Stasiun Balapan Solo.
SURAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Pembangunan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo akan selesai dan beroperasi pada tahun 2018. Demikian disampaikan Menhub disela pertemuan dengan Direktur Utama PT. KAI (Persero) Edi Sukmoro dan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Stasiun Balapan Solo (27/12/2016).
Pembangunan Kereta Api Bandara antara Solo-Adi Soemarmo akan mulai dibangun konstruksinya dalam tiga bulan kedepan.
"DED (Detail Engineering Desain) sudah diselesaikan PT.KAI dan kita harapkan dalam tiga bulan bisa mulai untuk konstruksinya," jelas Menhub.
Menurut rencana, Kereta Api Bandara Adi Soemarmo dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km ini menggunakan dana kolaborasi antar BUMN. "Kelembagaannya ada pada tiga BUMN yaitu PT. PP, PT. KAI dan Angkasa Pura 1," papar Menhub.
Menhub juga sudah mengkalkulasi nilai investasi dari Kereta Bandara Adi Soemarmo. "Kita kalkulasi nilainya sekitar 1 triliun," terang Menhub.
Tahap awal pembangunan Kereta Api Bandara disiapkan untuk single track kemudian dilanjutkan untuk double track. "Awalnya untuk single track, kemudian tahap berikutnya double track," jelas Menhub.
Dalam pengoperasiannya akan dibentuk juga anak perusahaan dari ketiga BUMN tersebut. (Q4/Rel)

Posting Komentar

0 Komentar