Mengelola Lidah

Berbicara ada etikanya. Ilustrasi.
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Kegaduhan seringkali mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika hal itu dilakukan di dalam forum musyawarah maka sah-sah saja, dan mengindikasikan hidupnya suasana musyawarah. Akan tetapi, jika kegaduhan itu dilakukan di luar musyawarah --apalagi di ranah publik-- hal itu tidak hanya dapat menimbulkan fitnah dan ghibah, pun dapat merusak tatanan kahidupan berbangsa.

Kegaduhan biasanya terjadi karena ketidaksabaran seseorang dalam menjaga lidah. Tanda kematangan kepribadian seseorang ketika bisa meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat, termasuk dalam menjaga lidah. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: “Rasululah SAW bersabda, “Di antara (tanda) kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat baginya.” (HR Tirmidzi).

Sebab, membiarkan lidah dari banyak berucap yang tidak membawa manfaat hanya akan membuang-buang waktu, padahal ajal selalu mengintai dirinya. Karena itu, Islam memberikan tuntunan dalam mengelola lidah agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

DR Musthafa Dieb Al-Bugha dan Muhyidin Mistu dalam kitabnya Al-Wafi Fi Syarhil Arba’in An-Nawawiyah menjelaskan, etika seorang Mukmin dalam mengelola lidah. Pertama, berusaha membicarakan hal yang mendatangkan manfaat, dan tidak membicarakan hal yang tidak diperbolehkan. Akibat dari ketidakmampuan mengelola lidah adalah ghibah, namimah, menuduh, mencela orang lain, dan lain sebagainya.

Kedua, tidak banyak berbicara. Rasulullah SAW bersabda, ”Janganlah kalian banyak bicara, yang bukan dzikir kepada Allah. Karena banyak bicara, yang bukan dzikir kepada Allah, akan membuat hati keras. Dan manusia yang paling jauh dari Tuhannya adalah yang hatinya keras.” (HR Tirmidzi).

Ketiga, wajib berbicara ketika diperlukan, terutama untuk menjelaskan kebenaran dan amar makruf nahi munkar. Ini adalah sikap mulia yang jika ditinggalkan termasuk pelanggaran dan berdosa. Sebab, orang yang mendiamkan kebenaran pada dasarnya adalah setan bisu.

Dengan demikian, jika setiap kita mampu mengelola lidah dari perkataan yang mengandung kebatilan, seperti umpatan, hardikan, hinaan, ejekan, olok-olokan, adu-domba, dan hasutan, niscaya tidak akan ada perselisihan dan kegaduhan yang berkepanjangan di tengah-tengah masyarakat. Wallahu a’lam. (Red)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,96,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,285,NCW,1,Nusantara,19,Opini,14,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,69,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,19,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Mengelola Lidah
Mengelola Lidah
https://4.bp.blogspot.com/-eCwUATUDN-A/WCPwUa5prOI/AAAAAAAACEM/hL8n2vBVwL40ElvR83bSsnVsGE2hA__ZACLcB/s640/Berbicara-ada-etikanya.-Ilustrasi..jpg
https://4.bp.blogspot.com/-eCwUATUDN-A/WCPwUa5prOI/AAAAAAAACEM/hL8n2vBVwL40ElvR83bSsnVsGE2hA__ZACLcB/s72-c/Berbicara-ada-etikanya.-Ilustrasi..jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/11/mengelola-lidah.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/11/mengelola-lidah.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin