Bea Cukai Adakan Session Dengan Customs Administration Of The Netherlands

JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com – Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi adakan sharing session dengan Customs Administration of the Netherlands(CAN). Perwakilan CAN, Deputy General Director of CAN, Bert Wiersema dan Customs of Attache of the Netherland, Rick Ligthart disambut oleh Heru Pambudi bersama beberapa Direktur di lingkungan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea Cukai.
Bertempat di Ruang Rapat Loka Nagara Dana Rakca pada Selasa (22/11), Heru mengutarakan bahwa kerja sama yang terjalin antara Bea Cukai dan CAN sudah cukup baik di antaranya adalah dengan menyelenggarakan pendidikan untuk petugas kepabeanan dan cukai di kedua negara untuk dapat saling bertukar pengalaman.

Dalam kesempatan diskusi yang juga digelar dalam acara tersebut Heru mengungkapkan keinginannya untuk mengetahui bagaimana kinerja CAN dalam bekerja sama dengan instansi lain di Belanda yang memiliki kewenangan dalam melakukan pengawasan terhadap barang salah satunya adalah Badan Karantina.

Bert Wiersema mengungkapkan bahwa CAN sudah menerapkan one risk system yang terintegrasi dengan seluruh instansi yang berwenang di Belanda. Selain itu, telah dibangun juga Joint Customs Inspection Center sebagai pusat pemeriksaan barang dan kontainer yang ada masuk ke negara Belanda.
Dalam sesi diskusi tersebut, dibahas juga beberapa masalah yang masih dihadapi dalam menjalankan prosedur kepabeanan di kedua negara. “Permasalahan barang kiriman pos masih menjadi concern di kedua negara, dan perbaikan akan terus kami lakukan dengan menciptakan kebijakan baru untuk,” ungkap Heru.

Kunjungan ini merupakan awal dari rencana penandatanganan Letter of Intent (LoI) on Establishing the Exchange of Information on Risk Management yang direncanakan akan dilaksanakan pada Rabu (23/11). Dengan kesepakatan yang akan ditandatangani tersebut, kedua negara akan melakukan pertukaran data/informasi tentang reputable traders.(RZ/Rel)

Posting Komentar

0 Komentar