Viral Bayar Parkir VIP di Stasiun Tugu Yogyakarta Rp 350 Ribu

 

Stasiun Tugu Yogyakarta (Foto:dok)
Yogyakarta, KORANTRANSAKSI.com - Viral di media sosial tarif parkir VIP di pintu kedatangan Stasiun Tugu Yogyakarta mencapai Rp 350 ribu untuk durasi 7 jam. Dalam karcis parkir yang turut diunggah di medsos, tampak peristiwa terjadi pada 27 Februari lalu. "Gimana tanggapan Dishub dan warga sekitar?? Parkir bandara saja kalah. Loksi: didepan stasiun tugu drop off pintu selatan sblm putar balik," tulis akun Instagram @infocegatannjogja.harian.

"Kemarin sudah kita panggil baik KAI maupun dari pengelola parkir keduanya kita panggil," kata Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo melalui sambungan telepon, Jumat (1/3).

Informasinya, pengelola parkir tersebut dari pihak ketiga atau tidak langsung dikelola KAI. Dari sisi pariwisata, Singgih menyayangkan adanya kasus seperti ini. "Ya tentu karena dari kami sangat menyayangkan ya. Dan itu jangan lagi diulangi," katanya.

(Foto:Instagram Infocegatannjogja.Harian)
Oleh karena itu, Pemkot Yogya menitikberatkan agar parkir sesuai dengan regulasi yang ada. "Kalau swasta kan bisa 5 kali lipat (dari tarif parkir yang dikelola pemerintah), Ya itu aja yang perlu disesuaikan, dan tentunya  "Kita dalami, kita klarifikasi, dan kemudian kita minta untuk disesuaikan dengan tarif sesuai dengan perda kita," ujarnya.

Sementara itu, Berdasarkan Perda Kota Yogya nomor 2 tahun 2022 tentang retribusi tempat khusus parkir, tarif maksimal untuk roda 4 adalah Rp 5 ribu untuk 2 jam pertama, lalu Rp 2.500 untuk per jam selanjutnya. Artinya untuk parkir swasta maksimal lima kali lipat dari tarif tersebut adalah Rp 25 ribu untuk 2 jam dan Rp 12.500 ribu untuk jam berikutnya. "Nggak sampai (sejam Rp Rp 50 ribu)," kata Singgih. (TIM/RED)


Posting Komentar

0 Komentar