Cuaca Hari Ini Senin 29 Januari 2024: Langit Pagi Jabodetabek Turun Hujan

 

Sebagian Wilayah Jabodetabek Diguyur Hujan Hari ini Senin (29/1/2024)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com - Langit Jakarta pagi hari ini di awal pekan, Senin (29/1/2024) keseluruhannya diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan. Demikianlah prakiraan cuaca hari ini. Siang nanti, berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan ringan diprediksi guyur Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, sisanya cerah berawan.

Tetapi pada malam hari nanti, cuaca Jakarta seluruhnya diprakirakan cerah berawan, tak nampak ada hujan sama sekali. "Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir," terang BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat diprediksi pagi hari ini turun hujan dengan intensitas sedang, lalu siang hingga malamnya hujan berintensitas ringan. Sedikit berbeda di Depok, Jawa Barat pada sepanjang hari ini ini diprakirakan hujan berintensitas ringan. Kemudian di Kota Bogor, Jawa Barat diprediksi pagi ini dan malam nanti diprediksi hujan ringan, siang harinya waspada hujan petir.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang terjadi pada rentang waktu pagi hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang. Dan pada dini hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang," jelas BMKG.

Sementara itu, di Kota Tangerang, Banten diprakirakan pagi dan siang hari hujan berintensitas ringan, lalu malam nanti hujan dengan intensitas sedang. Sebelumnya, setelah mengalami musim kemarau dan cuaca panas cukup berkepanjangan, pada akhir tahun 2023 musim hujan akhirnya datang.

Meski sempat kembali 'absen' di pertengahan Desember 2023, curah hujan tinggi akhirnya melanda tanah air pada penghujung tahun 2023. Bahkan pada minggu pertama 2024, Badan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi yang hampir merata di seluruh Indonesia pada tanggal 3 sampai 10 Januari 2024 lalu.

Namun, musim hujan Indonesia yang biasanya berlangsung selama berbulan-bulan, pada tahun 2024 diprediksi hanya berlangsung sebentar. Di mana sebelumnya, Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Eddy Hermawan memprediksi musim hujan 2024 kemungkinan hanya bertahan sampai akhir Januari. "Musim hujan mestinya Desember, Januari, dan Februari (DJF), sepertinya tidak sampai Februari, hujannya sudah habis karena El Nino itu berawal bulan Mei 2023 dan akan berakhir pada Mei 2024," katanya, (TIM/RED)


Posting Komentar

0 Komentar