Berlibur Ke Inggris Tidak Perlu Lagi Tunjukkan Paspor, Kok Bisa?

 

(Foto:Ilustrasi Pemegang Paspor Inggris)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Inggris merupakan salah satu Negara yang sudah mulai mencoba gerbang pintar di imigrasi bandaranya. Jadi, bagi turis yang ingin melakukan kunjungan kesana tak perlu lagi menunjukan paspor. Dilansir dari halaman Independent, Direktur Jenderal Pasukan Perbatasan Inggris, Phil Douglas mengatakan bahwa bagi para traveler hanya diperlukan menunjukan wajahnya ke kamera, tentunya jaringan eGates ini mengandalkan pengenalan wajah.

Jadi, wajah setiap wisatawan diperiksa berdasarkan data yang dienkripsi di paspor. Sistem baru akan bergantung pada data terpusat. eGates ini akan diuji coba mulai awal tahun.

Saat ini, eGates terbuka untuk para traveler berusia 10 tahun ke atas yang merupakan warga negara Inggris serta warga negara UE (dan wilayah Schengen yang lebih luas), AS, Kanada, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Korea Selatan. Gerbang pintar mengharuskan traveler untuk terdaftar di database. "Kami akan mengetahui lebih banyak informasi tentang orang-orang terlebih dahulu," kata Phil.

Pengenalan bertahap skema Otorisasi Perjalanan Elektronik di Inggris berarti bahwa informasi tersebut harus tersedia bagi wisatawan yang memenuhi syarat. Gerbang dengan sistem pengenalan wajah juga telah dilakukan oleh Dubai, dimana mereka menerapkan sistem pengenalan wajah yang canggih di bandara internasionalnya. Bahkan Dubai mengklaim wisatawan yang masuk hanya perlu 5 detik untuk melewati proses imigrasi.

Namun, gate canggih di Dubai ini tidak bisa digunakan oleh anak-anak di bawah usia 15 tahun serta wisatawan dengan tinggi badan di bawah 1,2 m. Teknologi serupa juga diterapkan di beberapa bandara Australia. (TIM)

 

 


Posting Komentar

0 Komentar