Menparekraf Dorong Generasi Muda Kembangkan Ekraf dengan Mengedepankan Tradisi dan Budaya Lokal

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Saat Menghadiri Acara Talkshow Mata Najwa X Tri yang Bertajuk "Gak Gengsi Sama Tradisi" di Surabaya, Jawa Timur (Foto:Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Surabaya, KORANTRANSAKSI.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong generasi muda khususnya di Surabaya, Jawa Timur, untuk terus mengembangkan ekonomi kreatif dengan mengedepankan tradisi dan budaya lokal sebagai sumber inspirasi dan kreasi dalam berkarya.

Saat menghadiri Talkshow Mata Najwa X Tri bertajuk "Gak Gengsi Sama Tradisi" di sela-sela festival Generasi Happy di Lapangan Plaza Surabaya, Sabtu (12/8/2023), Sandiaga mengatakan tradisi dan budaya lokal harus terus dipakai dan dilestarikan agar tidak hilang begitu saja.

Menurutnya, kearifan lokal yang tetap lestari bisa menjadi identitas yang patut dimanfaatkan generasi muda, khususnya di Surabaya untuk menghasilkan produk-produk yang bernilai ekonomi sehingga perekonomian dapat bangkit serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja lebih luas.

"Ada ungkapan bahwa if you don't use it, you will lose it. Menurut saya anak-anak sekarang sangat bangga dengan tradisi mereka dan saya yakin anak-anak muda Indonesia itu kreatif, inovatif, tapi tetap menjaga tradisi," kata Sandiaga.

(Foto:Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Ia juga menjelaskan jika pemerintah khususnya Kemenparekraf mendukung penuh pengembangan sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Mengingat kontribusi ekonomi kreatif Indonesia terhadap PDB nasional menempati peringkat ketiga di dunia di bawah Amerika Serikat dan Korea Selatan dengan nilai tambah sekitar Rp 1.300 triliun.

Dukungan ini, lanjut Sandiaga, diwujudkan secara konkret dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No. 24 tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif di mana dalam peraturan ini pelaku ekraf bisa mengajukan karyanya yang telah terdaftar hak kekayaan intelektualnya sebagai jaminan pinjaman ke instansi keuangan. Dengan harapan, ekonomi kreatif bisa menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi Indonesia.

"Kita ke depan berharap anak-anak muda bisa meningkatkan kemampuan menciptakan dorongan ekonomi baik itu konten lokal maupun karya-karya terbaik anak bangsa sehingga neraca ekonomi kreatif kita semakin meningkat," katanya.

Dalam kegiatan ini Sandiaga didampingi oleh Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa. Talkshow yang dipandu oleh Najwa Shihab ini juga dihadiri oleh konten kreator Bayu Skak dan komika Arie Kriting. (TIM/RED)

 


Posting Komentar

0 Komentar