Suhatri Bur: Nyarai Berhasil Lolos Menjadi 75 Besar Desa Wisata Terbaik Tahun 2023

 

(Foto:Humas Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman)
Padang Pariaman, KORANTRANSAKSI.com - Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023 kembali digelar. Tahun ini Kabupaten Padang Pariaman kembali berhasil lolos dalam ADWI Tahun 2023 melalui utusan desa wisata terbaiknya yaitu Desa Wisata Nyarai. Diketahui, tahun sebelumnya Kabupaten Padang Pariaman juga berhasil masuk menjadi 50 desa wisata terbaik tahun 2022 melalui Desa Wisata GTP Ulakan dan telah dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Saya menyampaikan rasa bangga saya terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Pokdarwis dan Walinagari Salibutan Lubuak Alung di bawah binaan Disparpora Padang Pariaman dalam mengembangkan desa wisata Nyarai secara konsisten. Hasilnya dapat kita lihat sekarang”, jelas Suhatri Bur.

Sebagaimana dapat disaksikan pada pengumuman 75 desa wisata terbaik tahun 2023, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa hasil ini telah melalui kurasi bertahap dimana dari 7.275 desa, sebanyak 4.573 desa mendaftar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023. Melalui kurasi dari dewan juri terhadap kelengkapan data pada aplikasi Jadesta Kemenparekraf, lolos 500 besar desa wisata dimana desa wisata Nyarai lolos pada tahap ini.

Berikutnya disaring menjadi 300 besar dan akhirnya disaring kembali menjadi 75 besar yang nantinya akan dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sebagai desa-desa wisata terbaik tahun 2023. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman, Muhammad Fadhly menjelaskan bahwa sebanyak 34 desa wisata di Kabupaten Padang Pariaman melakukan pendaftaran untuk dikurasi pada aplikasi Jadesta (Jejaring Desa Wisata) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dimana aplikasi ini adalah sarana penilaian bagi 5 aspek yang dinilai dalam ADWI tahun 2023.

“Kelima aspek itu adalah daya tarik pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, Souvenir dan Kelembagaan Desa dan CHSE. Dan desa wisata Nyarai berhasil memenuhi kelima aspek tersebut secara berkualitas”, terang Muhammad Fadhly.

Setelah melalui kurasi bertahap dari dewan juri, akhirnya desa wisata Nyarai lolos menjadi 75 desa wisata terbaik tahun 2023. Selanjutnya Disparpora Padang Pariaman akan bersiap memfasilitasi kunjungan penjurian yang akan dihadiri langsung oleh Menparekraf ke desa wisata Nyarai yang jadwalnya diperkirakan pada bulan April tahun ini. Muhammad Fadhly juga menjelaskan bahwa Disparpora Padang Pariaman terus mendorong semua desa wisata untuk berbenah dimulai dari nagari.

“Kita berharap setiap tahunnya muncul desa-desa wisata berkualitas yang dikelola dengan baik oleh Pokdarwis setempat agar berdampak pada peningkatan ekonomi pelaku desa wisata. tidak untuk penilaian saja, tetapi benar-benar menjalankan desa wisata untuk meningkatan pendapatan masyarakat selaku pelaku desa wisata” jelas Muhammad Fadhly.

Ketua Pokdarwis desa wisata Nyarai Ritno Kurniawan menjelaskan bahwa turut berbahagia tahun ini desa wisata Nyarai berhasil lolos masuk 75 desa wisata terbaik pada ADWI tahun 2023. “Kami sangat berbahagia atas pencapaian ini dan bersiap untuk kunjungan Mas Menteri Parekraf bersama Pak Walinagari dan Pokdarwis”, terang Ritno.

Bersama pemangku kepentingan di nagari, Ritno berhasil membangun desa wisata Nyarai sebagai ekowisata yang sangat diminati oleh wisatawan nusantara dan mancanegara dengan memenuhi berbagai aspek desa wisata dan paket-paket wisata yang dapat dilihat di situs resmi desa wisata setempat yaitu www.desawisatanyarai.com. (VER)


Posting Komentar

0 Komentar