Kanim Kelas I Khusus TPI Soetta Pastikan Layanan Terbaik Bagi Jamaah Umrah Ramadan

Kabid TPI Uchky Aditya Menyapa Jamaah Umrah

Tangerang, KORANTRANSAKSI.com – Bulan Suci Ramadan merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam dunia. Begitu banyak kegiatan peribadatan yang mendapat keutamaan, salah satunya menunaikan ibadah umrah. Indonesia yang merupakan  mayoritas muslim terbesar, tidak sedikit umat islam yang memanfaatkan waktu tersebut dengan menunaikan ibadah umrah ke tanah suci.

Hal tersebut tentu menjadi tolak ukur, atas terjadinya peningkatan terhadap lalu lintas  penerbangan di Indonesia. Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi salah satu pintu bagi para jamaah dalam perjalanannya ke tanah suci. Kapasitas besar dalam menampung arus penerbangan menjadikan bandara ini salah satu yang tersibuk, termasuk bagi penerbangan umrah. Tak ayal, proses pemeriksaan imigrasi juga tak luput dari kesibukan tersebut.

Proses pemeriksaan imigrasi para jamaah umrah menjadi salah satu tugas Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI). Dalam memfasilitasi para jamaah, berbagai fasilitas keimigrasian siap membantu melancarkan perjalanan mereka.

Dirjen Imigrasi Bersama Kakanim Soetta dan Kabid TPI Soetta (Foto:dok)

Kepala Bidang TPI, Uchky Aditya, mengungkapkan jika kesiapan imigrasi dalam tugas tersebut. “Antuasias masyarakat dalam melaksanakan umrah di bulan ramadan umumnya meningkat, sehingga kami menyiapkan berbagai kebutuhan dalam pemeriksaan keimigrasian para jamaah. Terdapat konter pelayanan pemeriksaan imigrasi manual beserta petugasnya dengan jumlah yang cukup banyak. Selain itu, ada fasilitas autogate yang bisa digunakan masyarakat untuk pemeriksaan mandiri”, ujarnya.

Sistem autogate sendiri merupakan salah satu fasilitas canggih yang dimiliki imigrasi untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan pemeriksaan keimigrasian. “Sistem autogate di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta baru-baru ini diresmikan oleh Dirjen Imigrasi Bapak Silmi Karim dalam rangka peningkatan pelayanan”, ungkapnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta beserta jajaran (Foto:dok) 

Perlu diketahui, sistem autogate sebelumnya telah terpasang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, dan sekarang ditambah di Terminal 2. “Kami juga telah melakukan sinergitas dengan berbagai stakeholder di bandara demi melancarkan proses penerbangan umrah di bulan ramadan nanti, salah satunya dengan Angkasa Pura II yang dahulu sebagai penyedia dan operator mesin autogate “, terangnya.

Sebagai informasi, penerbangan umrah dilayani oleh beberapa maskapai. Lion Air mengoperasikan layanan umrah di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan frekuensi 3-4 penerbangan per hari. Maskapai lain, Garuda Indonesia dan Saudi Airlines mengangkut jamaah umrah dan penumpang regular via Terminal 3. Selain itu, beberapa maskapai tujuan jazirah Arab juga sering digunakan para jamaah umrah dengan proses transit di negara lain. Rechan Nazar

Posting Komentar

0 Komentar