Tarif Hotel di Saudi Kembali Naik Hingga Mencapai 300 Persen

 

Para Jamaah yang sedang melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci Makkah (Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Biaya Umrah diperkirakan akan kembali naik sebab untuk tarif sewa hotel di Makkah dan Madinah terus meroket. Bahkan, ada yang kenaikkannya mencapai 300 persen. Meski demikian, hampir semua hotel dikawasan Tanah Suci tersebut sudah terisi.  Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Firman M.Nur mengatakan bahwa, antusias masyarakat dunia untuk menjalankan ibadah umrah terus meningkat.

Hal itu menyebabkan harga tiket pesawat dan tarif sewa hotel di Saudi terus mengalami kenaikkan. “Tingkat hunian hotel di Makkah dan Madinah sampai saat ini masih tinggi. Semua hotel menyatakan fully booked. Hal ini mengakibatkan penyelenggara perjalanan ibadah umrah kesulitan untuk mendapatkan kamar hotel”, ujarnya.

Firman mengatakan, saat ini hotel-hotel di Saudi membuat kebijakan reservasi grup tidak sebanyak sebelum pandemi. Hotel hanya bisa memberikan reservasi sebanyak 60 persen dari kuota sebelumnya. ’’Kami berharap masyarakat memaklumi kondisi saat ini yang begitu berat bagi penyelenggara perjalanan ibadah umrah untuk tetap dapat memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Sekjen AMPHURI Farid Aljawi memberikan himbauan kepada pelaku usaha perjalanan ibadah umrah menyampaikan kondisi saat ini kepada calon jemaah masing-masing. Dia meminta penyelenggara usaha untuk bermusyawarah dengan calon jemaah. ’’Jika memang harus menambah biaya, harus sesuai dengan keadaan sesungguhnya,” sarannya. Begitu pula ketika harus mengubah hotel, sebaiknya disosialisasikan kepada calon jemaah. ’’Jika ada perubahan program dan harga, penyelenggara bisa menawarkan program tersebut dengan komitmen baru yang disetujui calon jemaah,” imbuhnya. (ZIK)


Posting Komentar

0 Komentar