Anggota DPR Menyoroti Kursi Dirjen yang Masih Diisi Oleh Pelaksana Tugas

Direktorat Jenderal Imigrasi (Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com –  Kursi Dirjen Imigrasi Kemenkumham menjadi sorotan dari Anggota Komisi III DPR . Sebab, memasuki tahun kedua, kursi Dirjen Imigrasi masih diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Hal tersebut menjadi sebuah pertanyaan sendiri bagi Johan Budi, selaku Anggota Komisi III DPR RI.

Johan Budi mengungkapkan bahwa, masih adanya eselon I lain di Kemenkumham yang diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt). "Selama 2 tahun ini, Kursi Dirjen Imigrasi masih diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt), artinya ini nggak jalan, Ada apa ini?", ujar anggota Komisi III DPR, Johan Budi, yang dikutip dari website DPR, Rabu (14/12/2022).

Ia juga menghimbau kepada Menteri Hukum dan HAM RI untuk segera memilih dari calon di lingkungan Kemenkumham. Sebab, jika Dirjen Imigrasi atau Eselon I di lingkungan Kemenkumham diduduki oleh orang internal, tentunya dapat memacu para pegawai yang berada di dalam lungkungan Kemenkumham untuk meniti karier.

"Sebaiknya jika memilih pejabat eselon 1 jangan dari instansi lain. Sudah cukup lah. Dari Kepala Kanwil-Kepala Kanwil yang bagus, kasih kesempatan menempati eselon I. Yang sekarang lagi kosong Dirjen Imigrasi. Kasih kesempatan dari Kumham, mereka sudah mengabdi bertahun-tahun, pasti cita-cita Dirjen, Sekjen, atau Menteri juga," ucap Johan Budi menyampaikan saran.

Di sisi lain, anggota Komisi III DPR Wihadi Wiyanto memberikan apresiasi terhadap kinerja Widodo Ekatjahjana selaku Plt Dirjen Imigrasi. Sebab, meski hanya Plt, ia dinilai bekerja secara maksimal. Dari peningkatan 200 persen PNBP Imigrasi hingga Rp 4,2 triliun hingga pelayanan ke masyarakat.

"Saya kasihan juga dengan Plt ini, tentunya Saya memberikan apresiasi saat masalah G20 kemarin. Dimana, Imigrasi dengan sigap melayani beberapa peserta G20 dengan cukup baik. Walau pun di awalnya pelayanan-pelayanan di awalnya membuat Pak Dirjen marah-marah di Ngurah Rai. Tapi saya kira itu memang sesuatu yang harus dilakukan (marah-marah), bahwa pelayanan kita nggak boleh seperti itu," kata Wihadi.

Sementara itu, menurut Arteria Dahlan selaku anggota DPR, tidak penting Dirjen Imigrasi dijabat Plt, yang penting bisa kerja. Arteria juga mengapresiasi kebijakan second home visa yang diluncurkan Imigrasi. "Kami apresiasi capaian PNBP-nya Imigrasi, ini kan masih beririsan dengan COVID, tapi capaiannya sudah 208 persen. Kerja-kerja Imigrasi patut diapresiasi. Jadi mau Plt atau nggak Plt, yang penting kerja bener. Saya sih lebih sepakat. Nggak penting Plt atau apa, tapi kerjanya benar," kata Arteria

Sebelumnya saat ini, Posisi Direktorat Jenderal Imigrasi (Dirjen) masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Widodo Ekatjahjana, yang dimana sehari-harinya merupakan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Selain Dirjen Imigrasi, kursi Dirjen Kekayaan Intelektual masih diisi oleh Plt, Razilu, yang juga menjabat Irjen Kemenkumham. Juga Dirjen Perundang-undangan yang masih diisi Plt oleh Dhahana Putra. Ada juga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenkumham yang dijabat Plt Iwan Kurniawan. (ZIK/TIM)

 

Posting Komentar

0 Komentar