Tengarai Adanya Orang Asing atau Kelompok Asing akan Ganggu KTT G20 di Bali, Imigrasi Akan Tegas Menindak atau Mendeportasi

 

Pelaksana Tugas (Plt) Direktorat Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana (Foto:Humas Direktorat Jenderal Imigrasi)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Direktorat Jenderal Imigrasi menengarai adanya orang asing atau sekelompok asing yang mempunyai rencana untuk menganggu pelaksanaan kegiatan KTT G20 di Bali. Hal tersebut diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktorat Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana. “Imigrasi memperoleh data dari Kementerian/Lembaga terkait tentang adanya orang asing dan kelompok asing yang patut diduga akan melanggar aturan hukum keimigrasian, melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta mengganggu penyelenggaraan KTT G20”, tutur Widodo.

Ia juga menegaskan jika ada orang asing yang masuk ke wilayah Indonesia kemudian mereka mengganggu ketertiban dan keamanan, melanggar peraturan perundang-undangan dan hukum keimigrasian yang berlaku, apalagi sampai menganggu jalannya pelaksanaan kegiatan KTT G20, maka pihak imigrasi akan memberikan tindakan tegas sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Widodo akan terus melakukan koordinasi lintas sektoral dengan Kementerian atau Lembaga untuk mengantisipasi sekelompok orang asing yang akan menganggu jalannya kegiatan KTT G20. Imigrasi juga akan bertindak cepat dan jika ada permintaan penangkalan terhadap sekelompok orang asing yang akan masuk ke wilayah Indonesia. Disamping itu, Imigrasi juga membuka saluran untuk menerima laporan masyarakat jika ada orang asing yang menganggu ketertiban dan keamanan melalui livechat www.imigrasi.go.id.

Widodo menambahkan bahwa sebelumnya imigrasi sudah menindak tegas dan mendeportasi orang asing yang melakukan unjuk rasa yang menolak dan mengganggu jalannya penyelenggaran KTT G20. Orang asing yang dideportasi tersebut adalah warga negara Jepang. Sedangkan untuk WN China telah diamankan dan sedang dilakukan pemeriksaan oleh petugas imigrasi. (ZIK/TIM)


Posting Komentar

0 Komentar