Untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94, Kanim Tanjung Priok Menggelar Upacara Peringatan yang Mengusung Tema “Bersatu Dengan Bangsa”

 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok, Abdi Widodo Subagio yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 (Foto:Humas Imigrasi Tanjung Priok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok menggelar kegiatan Upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Imigrasi Tanjung Priok yang diikuti oleh seluruh pegawai. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok, Abdi Widodo Subagio yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 yang bertemakan dengan “Bersatu Dengan Bangsa” itu,  turut dilaksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945, Pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 dan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.

Seluruh Pegawai yang berada di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok Mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (Foto:Humas Imigrasi Tanjung Priok)
Pada kesempatan ini, Abdi Widodo Subagio , selaku Inspektur Upacara membacakan Sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI, dan dilanjutkan menyanyikan lagu Bangun Pemuda Pemudi. Beliau dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa”, ujarnya.

(Foto:Humas Imigrasi Tanjung Priok)
Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober dilakukan dengan tujuan agar Bangsa Indonesia (khususnya Pemuda-Pemudi Indonesia) dapat mengingat Sejarah panjang perjuangan seluruh elemen Pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah yang satu Tanah Indonesia, berbangsa yang satu Bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia. (ZIK/RN)









Posting Komentar

0 Komentar