TNI Lembaga Negara yang Paling Dipercaya Anak Muda

 

Dari Hasil Survei CSIS pada Agustus 2022, TNI menjadi lembaga yang paling dipercaya oleh kalangan anak muda (Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com - Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mencatat Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) menjadi lembaga negara paling dipercaya anak muda. Di bawahnya ada Presiden dan Mahkamah Agung. Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes menuturkan bahwa, "Kalau kita lihat lembaga yang top 3 sekarang ada TNI 93,5% publik percaya terhadap TNI, kemudian Presiden di bawahnya ada 86,4%; baru Mahkamah Agung (MA) 80,7%. Jadi survei ini tentu dilakukan sebelum ada kasus di MA ya”, ujar Arya.

Di bawah MA, lembaga lain yang meraih kepercayaan publik yaitu Kejaksaan Agung (Kejagung) 80,5%; Mahkamah Konstitusi (MK) 79,9%; Komisi Pemilihan Umum (KPU) 75,1%; dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 74,5%.

Sementara itu, kata Arya, terdapat empat lembaga negara yang mendapat persepsi kepercayaan publik paling rendah seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Saat survei ini dilakukan orang yang percaya dengan KPK itu hanya 71,6%. Yang di bawah rata-rata lagi ada Polri itu ada 67,8% kemudian DPD dan DPR," terang Arya.

Terlepas dari itu, tingkat kepercayaan publik terhadap 11 lembaga negara itu masih relatif baik. "Dari 11 lembaga negara itu rata-rata kepercayaan publiknya di angka 75,3%," terang Arya. Survei CSIS yang dilakukan pada 8-13 Agustus 2022 ini melibatkan 1.200 responden berusia 17-39 tahun yang diasumsikan sebagai pemilih muda di 34 provinsi dengan margin of error +/-2,84% pada tingkat kepercayaan 95%. (RED)


Posting Komentar

0 Komentar