Imigrasi Catat Sebanyak 1.200 WNA Masuk di Batam Pasca Pandemi

 

(Foto:dok)
Batam, KORANTRANSAKSI.com – Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia yang berangsur membaik memberikan dampak yang baik, khususnya pada peningkatan jumlah Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke wilayah Indonesia, terutama di wilayah Kota Batam, Kepulauan Riau. Salah satu pintu masuk bagi WNA di Batam ialah Pelabuhan International Harbour Bay. Hampir setiap akhir pekan, selalu terjadi lonjakan arus penumpang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Subki Miuldi menuturkan bahwa, wilayah Batam yang berbatasan langsung dengan negara tetangga ini memiliki daya tarik tersendiri bagi WNA untuk datang ke Kota Batam, Baik itu tujuan wisata, keluarga, maupun keperluas bisnis.

“Wilayah Batam ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi WNA yang ingin berkunjung, entah itu dari tujuan wisata, keluarga, maupun untuk keperluan bisnisnya”, ujar Subki.

Subki juga menjelaskan bahwa, mayoritas WNA yang datang di akhir pekan tujuannya berwisata. Pada  petugas imigrasi di Pelabuhan Harbour Bay hingga saat ini telah melayani 1.206 WNA Angka tersebut akan lebih besar apabila diakumulasi dengan WNA yang datang dari pelabuhan internasional lainnya (Batam Center dan Nongsapura).

"Kehadiran WNA yang datang ke Indonesia baik dengan tujuan investasi ataupun pariwisata tentu akan menggerakkan roda perekonomian di tengah masyarakat, investasi perusahaan asing diharapkan membuka lapangan pekerjaan dan tentunya akan mengurangi angka kemiskinan sehingga mengurangi beban pemerintah”, ucap dia. (TIM/RED)

 


Posting Komentar

0 Komentar