Jelang Lounching Publikasi Padang Pariaman Dalam Angka, BPS dan Kominfo Gelar FGD Di hotel Minang Jaya

 

(Foto:dok)

Lubuk Alung, KORANTRANSAKSI.com - Mewakili Bupati Padang Pariaman Sekretaris Daerah (Sekda) Rudy Repenaldi Rilis membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Padang Pariaman Dalam Angka Tahun 2022. Bertempat di Aula Minang Jaya Hotel Lubuk Alung, Rabu (16/02).

Kegiatan FGD yang difasilitasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman ini, dirangkai dengan Sosialisasi Metadata dan Rekomendasi Statistik Dalam Rangka Mewujudkan Satu Data Indonesia. Hadir sebagai Pemateri Zahirman, S.Sos, MM Kadis Kominfo Padang Pariaman dan Kepala BPS Joni Suryadi, SE, MM.

Joni Suryadi Kepala BPS selaku penyelenggara melaporkan bahwa peserta dalam kegiatan FGD ini adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Kemudian Instansi vertical, BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi, Rumah Sakit, dan Perusahaan Swasta yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.

Lebih lanjut dia menyampaikan, bahwa FGD ini adalah kegiatan rutin tiap tahunnya dan diformat secara khusus dalam upaya evaluasi dan perbaikan ke depan bagi kegiatan penyusunan publikasi Kabupaten Padang Pariaman Dalam Angka.

"Insya Allah tahun ini kita launching di 25 Februari 2022 mendatang, enam bulan lebih awal dari tahun sebelumnya," Tegas Joni.

"Semoga FGD yang kita selenggarakan ini,harapannya beberapa kendala lapangan dapat teratasi, sehingga sesuai dengan tujuan awal kegiatan ini, akan dihasilkan data yang baik dan berkualitas", Katanya berharap.

Senada dengan itu, Sekda Rudy Repenaldi Rilis menyampaikan dalam sambutannya bahwa pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan FGD ini. Bahkan dia menegaskan FGD ini sangat penting agar data yang disajikan dalam Publikasi Padang Pariaman Dalam Angka berkualitas.

Menurut Rudy, data yang berkualitas sangat diperlukan untuk menyusun perencanaan, melakukan evaluasi, membuat keputusan, dan memformulasikan kebijakan agar sasaran kegiatan yang telah ditetapkan dapat di capai dengan efektif dan efisien. Dia menegaskan, bahwa hal ini sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

"Pembangunan tanpa didukung dengan ketersediaan data yang baik cendrung akan kurang tepat sasaran, yang juga menyebabkan pemborosan anggaran," katanya menegaskan.

Kemudian lagi dia menyebut, melalui data yang akurat dan uptodate, pemerintah daerah akan dapat menentukan arah dan kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan. Selain itu katanya lagi, juga dapat menjadi barometer untuk mengukur sejauhmana keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan. Dia berharap, seluruh peserta melakukan konsolidasi data, sehingga data yang akan diterbitkan nanti valid dan tepat waktu.

Pembukaan FGD ini diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada Instansi terbaik dalam pelayanan dan respon tercepat pengisian data Kabupaten Padang Pariaman Dalam Angka kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga yang diterima oleh Sekretaris Masarudin dan PT. Angkasa Pura 2 yang diterima oleh M Yusuf Service Kuality Inspektor nya. Penghargaan diberikan oleh Sekda Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis. (BAS/VER)


Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel