Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Adakan Workshop Jurnalistik dan Kehumasan Untuk Kepala Sekolah

 

(Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE, MM Saat Berikan Sambutan Dalam Kegiatan Workshop Jurnalistik )
Padang Pariaman, KORANTRANSAKSI.com – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan pelaksanaan keterbukaan informasi pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Padang Pariaman. Forum Biro Padek Grup bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman menggelar Workshop Jurnalistik dan Kehumasan bagi Kepala SD dan SMP se Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan workshop yang mengusung tema “Penguatan informasi untuk mewujudkan Generasi Berjaya” tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM didampingi Wakil Bupati Drs. Rahmang, MM, pada Kamis (16/12) bertempat di Hall IKK (Ibukota Kabupaten) Nagari Parik Malintang Kecamatan Enam Lingkung.

 

Dalam sambutannya saat membuka workshop, Bupati Suhatri Bur mengatakan. Bahwa ilmu jurnalistik dan kehumasan perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan. Dimana kegiatan jurnalistik bertujuan untuk menggairahkan budaya literasi di sekolah dan ilmu kehumasan bertujuan untuk memperkuat hubungan komunikasi antara sekoah dengan pihak terkait dalam menjalin kemitraan.

 

“Keterbukaan informasi sangat penting dilakukan saat ini, seiring terbitnya Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Yang bertujuan, agar tidak terjadinya kesalahan informasi yang diterima oleh masyarakat. Sehingga tidak memicu terjadinya perpecahan dan kesalahpahaman di lingkungan sekolah, terkait informasi yang disampaikan”, ujarnya.

 

Suhatri Bur menambahkan, dengan hadirnya narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, serta memiliki pengalaman terkait jurnalistik dan keterbukaan informasi. Diharapkan kepada para peserta, dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. Terutama untuk meningkatkan kemampuan menulis, yang memenuhi kaidah jurnalistik. Sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam penyebarluasan informasi dan Kepala sekolah dapat mempublikasikan kegiatan melalui media yang tersedia. Disamping itu, tulisan yang dimuat pada media dan jurnal, juga dapat membantu penambahan angka kredit dalam usulan kenaikan pangkat.

 

“Salinlah semua ilmu yang dipaparkan oleh narasumber nantinya, karena ilmu Kehumasan dan komunikasi yang baik, sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan di lingkungan sekolah. Sehingga, Kepala Sekolah selaku pejabat pengelola Informasi dan Dokumentasi pada satuan pendidikan akan dikenal dan diketahui oleh orang banyak. Begitu juga dengan rekan media sebagai kontrol sosial, berikan informasi yang benar dan jelas. Karena, peran media sangat penting dalam mempublikasi dan menyebarluaskan kegiatan sekolah”, jelas Suhatri Bur.

(Foto:Humas Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman)

Bupati juga menyampaikan bahwa Kabupaten Padang Pariaman baru saja meraih penghargaan Smart City dalam kategori smart branding. Prestasi yang dicapai itu, terkait penerapan sistem informasi dan digitalisasi dalam pelaksanaan pelayanan publik. Termasuk juga pengunaan teknologi informasi dan penerapan sistem digital dalam proses pembelajaran di sekolah.

 

“Dengan tersedianya fasilitas internet di sekolah, diharapkan agar sekolah membuka wadah atau sarana digitalisasi untuk pembelajaran. Disamping juga memanfaatkan media sosial secara efektif, sebagai penyaluran informasi kepada publik serta digunakan untuk mengedukasi pelajar kapanpun dan dimanapun. Sehingga, para pelajar tersebut dapat melek teknologi serta siap menerima perkembangan dan perubahan yang begitu cepat. Gunakan fasilitas internet untuk meningkatkan kreatifitas mengajar, sehingga materi yang diberikan dapat diterima dan dipahami dengan mudah oleh peserta didik,” tutupnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Drs. Anwar, M.Si dalam sambutannya. Mengucapkan terima kasih kepada Forum Biro Padek Grup yang telah menyelenggarakan workshop ini. Karena telah membantu jajarannya, terutama Kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan di bidang jurnalistik dan kehumasan.

(Foto:Humas Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman)

“Kegiatan Jurnalistik dan Kehumasan merupakan kegiatan yang berperan penting dalam mensukseskan dan meningkatkan mutu pendidikan ke depan. Bagaiamana permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah dapat dikomunikasikan dengan baik, sepanjang kegiatan itu tidak menyalahi aturan dan bertentangan dengan hukum. Para guru dan kepala sekolah tidak perlu takut untuk bermitra dengan media, karena merupakan keuntungan jika dekat dengan media. Salah satunya adalah, untuk mempromosikan dan mengenalkan kegiatan yang telah dilakukan di sekolah”, tuturnya.

 

Kadis Anwar juga menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan. Agar para guru dan kepala sekolah di Padang Pariaman dapat menjalin komunikasi dengan baik, serta memiliki pengetahuan dasar jurnalistik. Sehingga peserta nantinya, memiliki kemampuan dalam mempublikasikan segala program dan kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya.

Sebelumnya, Ketua Forum Biro Padek Group Efanurza dalam laporannya mengatakan. Kegiatan workshop jurnalistik dan kehumasan bagi kepala sekolah ini, sudah yang kedua kalinya digelar oleh Forum Biro Padek Gorup. Dimana sebelumnya diadakan pada tahun 2017, dengan peserta hanya untuk Kepala SD di Padang Pariaman. Pada saat itu, diikuti oleh hampir seluruh SD di Kabupaten Padang Pariaman dan terlihat peserta sangat proaktif dalam diskusi. Sehingga pada kesempatan ini, pesertanya dari guru dan kepala SD dan SMP SE Kabupaten Padang Pariaman. (BAS/VER)


KOMENTAR

Name

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,26,Headline,121,Hibura,1,Hiburan,65,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,3,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,305,NCW,1,Nusantara,19,Opini,35,Padang Pariaman,14,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,72,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,4,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,14,Trans Sumsel,20,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,129,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Adakan Workshop Jurnalistik dan Kehumasan Untuk Kepala Sekolah
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Adakan Workshop Jurnalistik dan Kehumasan Untuk Kepala Sekolah
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhFj7wIsU_CEGzNgtfBD9VU4cdUHy2rdTmZQUEYkHxnE-Y8WqGTx_pXjWxSrM1C5gUeYT1NTpDCYn6owR_r3zYOS1R_lrT1p7143ez0UL2jNLt-8OS-lnyVcTqqz8G2NyL_ejz3VBP7k6ERJxo8RT-Y0VaVehdytCtXpX3yjsCiPeh08uuoOMhgr1cS9Q=w640-h426
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhFj7wIsU_CEGzNgtfBD9VU4cdUHy2rdTmZQUEYkHxnE-Y8WqGTx_pXjWxSrM1C5gUeYT1NTpDCYn6owR_r3zYOS1R_lrT1p7143ez0UL2jNLt-8OS-lnyVcTqqz8G2NyL_ejz3VBP7k6ERJxo8RT-Y0VaVehdytCtXpX3yjsCiPeh08uuoOMhgr1cS9Q=s72-w640-c-h426
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2021/12/bupati-padang-pariaman-suhatri-bur.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2021/12/bupati-padang-pariaman-suhatri-bur.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin