Menparekraf Himbau Agar Sulawesi Tenggara Memperkuat Program Kolaborasi

 

Menparekraf Sandiaga Uno Menghimbau Kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota Sulawesi Tenggara Untuk memperkuat program Kolaborasi dengan berbagai Pihak lainnya (Foto:dok)

Jakarta, KORANTRANSAKSI.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meminta Pemerintah Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara untuk memperkuat program kolaborasi dengan berbagai pihak agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di dalamnya semakin maju.

Dalam acara KolaborAksi Regional 2 dengan kepala-kepala daerah dan perwakilan pemerintah daerah Sulawesi Tenggara di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (7/6/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan perlu ada kolaborasi antar berbagai pihak untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tenggara. "Kita punya kemampuan untuk berkolaborasi, karena nilai luhur Bangsa Indonesia itu adalah gotong royong," kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan bentuk kolaborasi tersebut dapat berupa pelaksanaan manajemen destinasi pariwisata dengan kerja sama antara pusat dan daerah serta pelaksanaan event-event yang mengedepankan tradisi dan budaya setempat. Selain itu, event-event tersebut juga harus dikemas dengan semenarik mungkin dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para wisatawan yang berkunjung.

"Nantinya, diharapkan Sulawesi Tenggara memiliki event regional, kemudian meningkat menjadi event nasional dan jadi event internasional. Jadi event-event-nya itu terus meningkat," katanya.

Bupati Kolaka Ahmad Safei Menjelaskan Program apa saja yang sudah dilakukan untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Foto:dok)
Dari segi pemasaran Sandiaga mengajak para kepala daerah Sulawesi Tenggara mempromosikan destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif unggulan daerah bersama-sama dengan Kemenparekraf/Baparekraf kepada wisatawan nusantara dan mancanegara. "Ini dapat membantu kita menciptakan travel pattern dan storynomics bagi wisatawan," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan ini, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani; Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi; Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Gunawan; serta Direktur Pemasaran Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Raden Sigit Witjaksono.

Senada dengan Sandiaga, Rizki Handayani menambahkan Sulawesi Tenggara memiliki potensi wisata yang sangat beraneka ragam mulai dari wisata bahari, ekowisata, wisata budaya, dan kekayaan sumber daya alamnya. Ia mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk mendampingi pelaksanaan event-event di Sulawesi Tenggara yang mengedepankan tradisi dan budaya.

"Karena budaya itu indah sekali. Jadi nanti tugas kami akan membantu pendampingan bagaimana menyusun event yang bagus," tutur Rizki.

Sementara itu, pejabat daerah Sulawesi Tenggara yang hadir dalam acara ini adalah Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulawesi Tenggara, Basiran; Bupati Kolaka, Ahmad Safei; Bupati Muna Barat, Ahmad La Mani; Bupati Buton Utara, Muhammad Ridwan Zakariah; dan Walikota Kendari, Zulkarnain.

Selanjutnya ada Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga; Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud; Wakil Bupati Buton, Iis Elianti. Kemudian Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, Ali Arham; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muna, Amiruddin; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe, Muhammad Nur; dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana, Janariah.

Kemudian Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Taufiq; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka Timur, Edy Aidil Madjid; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Tengah, Wujudin; Asisten 3 Buton Selatan, Laode Harwanto; dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Kepulauan, Armin. (ZIK/TIM)


KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,26,Headline,125,Hibura,1,Hiburan,65,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,3,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,305,NCW,1,Nusantara,19,Opini,35,Padang Pariaman,14,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,72,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,4,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,14,Trans Sumsel,20,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,129,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Menparekraf Himbau Agar Sulawesi Tenggara Memperkuat Program Kolaborasi
Menparekraf Himbau Agar Sulawesi Tenggara Memperkuat Program Kolaborasi
https://1.bp.blogspot.com/-MFRWNjfmqLQ/YMB4ys48h8I/AAAAAAAANrM/dKBinm9kGV0K3ObLsel1UbjNr3tGVWXXQCNcBGAsYHQ/w640-h426/11_RAPAT.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-MFRWNjfmqLQ/YMB4ys48h8I/AAAAAAAANrM/dKBinm9kGV0K3ObLsel1UbjNr3tGVWXXQCNcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/11_RAPAT.jpeg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2021/06/menparekraf-himbau-agar-sulawesi.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2021/06/menparekraf-himbau-agar-sulawesi.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin