Pulau Kapo-Kapo Menyuguhkan Jujur Akan Keindahan Ekosistem

 

Pesisir Pantai Pulau Kapo-Kapo (Foto:dok)

Padang, KORANTRANSAKSI.Com - Keindahan wisata bahari nan indah di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) selalu menyuguhkan kejujuran akan keindahan. Pulau Kapo-kapo, begitu masyarakat setempat menamakan pulau yang dikelilingi oleh hutan bakau (mangrove) yang tumbuh subur menghijaukan kawasan tersebut. Ekosistem hutan bakau bersifat khas ini menjadi daya tarik tersendiri, sehingga menjadi sebuah program wisata edukasi bagi sebagian wisatawan yang berkunjung ke Kapo-kapo.

Sebelum memasuki kapo-kapo, kita akan merasakan masuk kepada sebuah gerbang yang hijau akan magrove. Akar-akar kuat terlihat menancap dan menjalar di birunyanya air laut dari atas perahu.Berbagai jenis ikan penghuni mangrove ikut berenang mengikuti perahu wisata yang kita tumpangi dan menjadi suguhan pemandangan habitat yang sangat luar biasa.

Terletak di Pesisir pantai laut Samudera Hindia, dengan menempuh jarak waktu 30menit dari Nagari Mandeh menggunakan boat, pulau Kapo-kapo dihuni sebanyak 22 KK yang berkehidupan dengan jenis pekerjaan sebagai nelayan dan menjemur ikan. "Ada 22 kk yang menghuni pulau ini. Bekerja sebagai nelayan, menangkap cumi-cumi, ikan, kepiting dan menjemurikan," kata Rido pendamping perjalanan minangkabaunews.com ketika berkunjung ke Kapo-kapo.

Pulau - pulau indah lainnya menjadi pemandangan indah terlihat berjejer cantik ketika menuju Kapo-kapo. Pulau Setan, Sironjong ketek (kecil), Sironjong Besar, Cubadak dan masih banyak pulau lainnya yang dapat dikunjungi di kawasan ini. Geliat ekonomi masyarakat yang meningkat terlihat jelas dengan banyaknya kapal wisata milik masyarakat lalu lalang membawa wisatawan diatas perairan Sumbar ini.

Infrastruktur                                                                                                       

Walau ketika mengijakan kaki di Kapo-kapo kita tidak dapat mengakses internet secara maksimal, namun hal ini memberikan kesempatan bagi setiap pengunujung untuk menikmati keindahan pantai yang mengarah kepada samudra lepas. Perkembangan teknologi terlihat ada di wilayah ini. Penduduk setempat menggunakan tenaga surya dan tenaga angin untuk mendapatkan energi listrik sebagai peneragan mereka pada malam hari.

Selain infrastruktur komunikasi yang belum ada,pulau kapo-kapo terlihat tidak memiliki pusat pusat kesehatan masyarakat. Namun seluruh penduduk Kapo-kapo yang memeluk agama Islam sudah memiliki tempat ibadah yang cukup memadai. Sumber air bersih untuk konsumsi juga cukup.

 Pendidikan

Untuk pendidikan, anak-anak pada usia sekolah dikawasan ini setiap waktunya menggunakan boat menuju Nagari Sungai Nyalo di wilayah Tarusan, kabupaten Pesisir Selatan, sumbar. Wilayah itu menjadi wilayah sentral yang sangat penting bagi masyarakat pulau Kapo-kapo. Pemerintah daerah setempat memberikan bantuan dan menyerahkan boat seperti boat wisata kebanyakan, sebagai alat transportasi untuk memenuhi hak berpendidikan anak-anak pulau Kapo- kapo.

"Sekolahnya kesana, untuk kebutuhan harian penduduk kapo-kapo ada di Nagari Sungai Nyalo," pungkas Rido sembari mengajak kami ke beberapa pulau Indah lain yang ada di kawasan wisata bahari Mandeh.(ZIK/TIM)


KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,26,Headline,120,Hibura,1,Hiburan,65,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,3,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,305,NCW,1,Nusantara,19,Opini,35,Padang Pariaman,10,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,72,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,4,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,14,Trans Sumsel,20,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,124,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Pulau Kapo-Kapo Menyuguhkan Jujur Akan Keindahan Ekosistem
Pulau Kapo-Kapo Menyuguhkan Jujur Akan Keindahan Ekosistem
https://1.bp.blogspot.com/-Lna8bI4MwbI/YFNXBEIf7EI/AAAAAAAANKQ/bCE_5MQNBFU70VacDcTE8TkMkYmLKTsHgCNcBGAsYHQ/s16000/38kapo-kapo-beach.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-Lna8bI4MwbI/YFNXBEIf7EI/AAAAAAAANKQ/bCE_5MQNBFU70VacDcTE8TkMkYmLKTsHgCNcBGAsYHQ/s72-c/38kapo-kapo-beach.jpeg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2021/03/pulau-kapo-kapo-menyuguhkan-jujur-akan.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2021/03/pulau-kapo-kapo-menyuguhkan-jujur-akan.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin