Potensi Desa Wisata di Garut Akan Lebih Dikembangkan Oleh Kemenparekraf

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Saat di dalam Focus Group Discussion dengan Pemerintah Kabupaten Garut digelar secara Daring (Foto:dok)

Garut, KORANTRANSAKSI.Com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, sudah berkomitmen akan mengembangkan desa wisata di Kabupaten Garut Jawa Barat lebih dalam lagi sebagai upaya menggarap salah satu potensi pada sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan Sandiaga dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan Pemerintah Kabupaten Garut yang digelar secara daring, Minggu (21/3/2021). "Garut ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa dengan sumber air panas dan pegunungannya yang sangat instagrammable serta industri kreatifnya yang sangat eksis," kata Sandiaga.

Ia mengatakan bahwa, ketiga potensi ini dapat dipadukan dalam desa tersebut. Terlebih lagi, Garut sendiri pun memiliki desa yang yang berpotensi sebagai objek desa wisata.

"Di Garut ada sekitar 20 desa yang berpotensi menjadi desa wisata. Indonesia memiliki 75 ribu desa dan saat ini ada 244 desa wisata yang sedang dikembangkan dalam suatu program yang terintegrasi," ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Saat Berdialog dengan sejumlah Aparat Pemerintah Kabupaten Garut Jawa Barat ( Foto:dok)

Sandiaga juga menyebutkan, di Jawa Barat sendiri memiliki 11 11 desa wisata. Ia pun berharap agar di masa yang akan datang lebih banyak lagi desa wisata yang berkembang di Garut.

"Mari sama-sama kita kembangkan desa wisata di Garut. Mulai dari profiling-nya hingga sertifikasinya," ucap Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudi Gunawan mengatakan untuk Garut sendiri merupakan Kabupaten yang lebih mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo. Perhatian tersebut diperlihatkan langsung melalui pembangunan pusat pariwisata berkelas international di Situ Bagendit.

"Di Garut Kami mempunyai beberapa objek wisata seperti laut, gunung berapi, dan pusat-pusat pariwisata lainnya dengan industri kreatif yang sangat luar biasa. Kami juga mempunyai tempat-tempat kuliner yang mengesankan," kata Rudi. (TIM)



Posting Komentar

0 Komentar