Polres Bekasi Bongkar Sindikat Oknum Calo SIM

Tersangka calo pembuatan SIM,(BB),(Mud), (Dju),(Kml) dan (AA) yang berhasil diamankan oleh Tim Polres Metro Bekasi (Foto:dok)
Bekasi, KORANTRANSAKSI.Com – Tim Saber Polres Metro Bekasi berhasil mengamankan lima orang calo Surat Izin Mengemudi (SIM) yang beroperasi di wilayah hukum Polres Metro Bekasi.
Dalam aksinya tersebut kelima calo itu menjanjikan kepada para korban dapat mengurus SIM tanpa mengikuti prosedur dengan biaya yang tidak wajar.

Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Eka Mulyana mengatakan bahwa praktik percaloan tersebut sudah  mencoreng citra kepolisian. Karena  ulah dari para calo tersebut yang  membawa keluar Polres Metro Bekasi Kota, para korban yang gagal ujian teori, ujian praktek membuat SIM.

“Kelima orang pelaku yang diduga sebagai joker atau calo yang menawarkan jasa kepada korban untuk mengurus pembuatan SIM tanpa mengikuti aturan yang telah diberlakukan,” ujar Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Eka Mulyana, Jumat (14/6/19) kepada wartwan.

Kelima para tersangka dari kiri ke kanan, Bertgolomeos Baunsele (BB), Mahmud (Mud), Djurjaeni (Dju), Kamaludin (Kml) dan Abdul Azis (AA) kini ditahan Polrestro Bekasi guna untuk pengusutan lebih lanjut.

“ Modus operandi oknum calo tersebut menjanjikan kepada  warga yang ingin membuat SIM dengan jalur khusus " seperti pembuatan SIM C sejumlah uang  Rp750.000 s/d Rp 850.000 dijamin tidak mengecewakan ". Padahal, biaya resmi untuk membuat SIM C tersebut hanya sebesar Rp 155.000,-  dengan rincian biaya pembuatan SIM sebesar Rp 100.000,- Biaya Kesehatan Rp 30.000,- dan Biaya Asuransi sebesar Rp 25.000,-.

Sumber  KORAN TRANSAKSI.Com ketakan, adanya praktik para calo yang dapat juga membantu pembuatan SIM, juga membantu dalam pengurusan pengambilan tilang di Pengadilan Negeri Bekasi maupun Kejaksaan Negeri Bekasi, karena ketiga instansinya kantornya bersebelahan. 

Akibat dari perbuatan ilegal yang dilakukan oleh para calo tersebut kini tersangka dikenakan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama 4 tahun dan mereka digelandang ke Mapolres Metro Kota Bekasi. (RN)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel