Warga Tangsel Keluhkan Lambatnya Proses PTSL-Prona



Tangsel,KORANTRANSAKSI.Com - PROYEK sertifikasi PTSL-PRONA di Tangerang Selatan dikeluhkan warga yang sampai saat ini belum menerima sertifikat yang digembar-gemborkan gratis tersebut. Beberapa kelurahan yang berhasil dipantau awak media, rata-rata mengeluhkan lambatnya proses tersebut karena beberapa hal. Diantaranya keterbatasan tenaga juru-ukur dari BPN setempat. Kemudian kurangnya sosialisasi sehingga banyak warga yang tidak melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Iming-iming “gratis” yang dilontarkan Presiden Jokowi juga menuai masalah. Karena ternyata dalam perjalanannya, banyak komponen yang memang harus dibayar selain kebutuhan hampir 12 lembar meterai yang harus dibeli kontan.

Belum lagi biaya-biaya operasional yang tidak mungkin bila tanpa uang, termasuk jasa pengisian formulir yang buat warga awam jelas masih bingung. Apalagi dalam kapasitas yang tidak sedikit, mencapai ribuan paket permohonan sertifikat untuk satu kelurahan saja. Beban yang juga dirasakan warga pemohon, bukan hanya harus melunasi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), tetapi juga mereka harus menyetor BPHTB dan SSB ke kas daerah yang bila dikalkulasi total, jumlahnya cukup lumayan.

Yang sulit dihindari adalah biaya tak terduga menyangkut kebutuhan transportasi dan operasional yang terkadang menjadi polemic dan incaran oknum-oknum memanfaatkan situasi terkait keberadaan pengawasan Tim Saber Pungli yang jadi momok para pelaksana di lapangan. Karena opini berkembang, kata-kata gratis dari pemerintah hanyalah kata-kata penghibur di tahun politik. Karena ternyata tetap ada pungutan yang terbilang jutaan rupiah.

Sementara itu kalangan masyarakat di Kecamatan Pondok Aren, Ciputat Timur dan Serpong mempertanyakan informasi perihal dana operasional dari pemerintah yang berkisar Rp 12 juta per-kelurahan itu benar ada atau hanya rumor. Menurut mereka di wilayah lain Provinsi Banten, dana tersebut memang ada.(odjie)***

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola